Ketua sementara DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) H Supian HK mengharapkan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu (KPU & Bawaslu) provinsinya ke depan agar lebih profesional.

Harapan Supian HK yang terpilih kembali untuk ketiga kali menjadi anggota DPRD Kalsel itu, usai menghadiri peletakan batu pertama pembangunan Kantor KPU dan Bawaslu provinsi setempat di Banjarbaru, Kamis.

Baca juga: Aulia-Mansyah pendaftar pertama penjaringan bacabup dan bacawabup PPP HST

Pembangunan Kantor KPU dan Bawaslu tersebut pada kawasan Komplek Perkantoran Gubernur Kalsel atau Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) setempat di Banjarbaru (sekitar 35 kilometer utara Banjarmasin).

Menurut Supian HK atau Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Kalsel itu, pembangunan gedung KPU dan Bawaslu merupakan bagian dari komitmen pemerintah dalam penguatan demokrasi di provinsinya yang kini berpenduduk lebih empat juta jiwa tersebar pada 13 kabupaten/kota.

Ia berharap, gedung KPU dan Bawaslu Kalsel yang sudah mulai pembangunannya nanti dapat menjadi fasilita  representatif untuk mendukung kinerja penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) agar lebih optimal.

Baca juga: Sekjen KIPP: Bawaslu dan KPU harus independen dari intervensi

“Pembangunan gedung ini contoh semangat kita dalam meningkatkan demokrasi, semoga dengan fasilitas yang lebih baik nantinya KPU dan Bawaslu dapat berjalan secara profesional, berintegritas dan berkualitas.” harap Supian HK.

Ketua sementara DPRD Kalsel H Supian HK saat peletakan batu pertama pembangunan Kantor KPU dan Bawaslu provinsi setempat di Banjarbaru, Kamis (3/10/2024) (ANTARA/HO Humas Setwan Kalsel.)

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) dan Bawaslu Kalsel selama ini berkantor di Banjarmasin sebagai ibukota provinsi. Namun seiring kepindahan ibukota Provinsi Kalsel ke Banjarnegara, sehingga KPUD dan Bawaslu provinsi juga pindah ke Banjarbaru.

*Kota Idaman" Banjarbaru sebagai pusat pemerintahan Provinsi Kalsel sudah muncul sejak tahun 1950-an dan akhirnya menjadi ibukota provinsi setempat mulai Tahun 2022.





 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024