Anggota DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) mengapresiasi Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (BPSDM Kemendagri RI) yang melaksanakan orientasi bagi wakil rakyat yang terpilih pada Pemilihan Umum legislatif, Februari 2024.

Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Kalsel H Muhammad Alpiya Rakhman mengemukakan itu ketika dikonfirmasi, Jumat usai mengikuti  orientasi bagi wakil rakyat provinsinya oleh BPSDM Kemendagri di Jakarta.

Menurut dia, para narasumber sangat berkompeten dan bahan materi yang mereka sampaikan kan pun mampu memotivasi serta menggugah semangat para anggota Dewan peserta orientasi 

"Apalagi lebih banyak berdiskusi sehingga lebih interaktif sehingga akan lebih mantap untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) kedewanan," ujar wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel VI/Kabupaten Kotab8dan Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) tersebut.

Pasalnya, menurut Alpiya atau calon Wakil Ketua DPRD Kalsel itu, materi-materi pada orientasi tersebut  sangat relevan, mengupas hal-hal mendasar dari tugas dan fungsi, hingga hal-hal menyangkut isu-isu global lain.

"Oleh karena itu, pada prinsipnya anggota DPRD Kalsel siap mengimplementasikan pengetahuan serta ilmu yang telah kami dapatkan dalam orientasi," demikian Alpiya Rakhman.

Orientasi peningkatan kapasitas dan kompetensi anggota DPRD Kalsel masa jabatan 2024 - 2029 oleh BPSDM Kemendagri di Jakarta tersebut, 23 - 27 September 2024.

Suasana penutupan orientasi anggota DPRD Kalsel masa jabatan 2024 - 2029 oleh BPSDM Kemendagri di Jakarta, Kamis (26/9/2024) malam. (ANTARA/HO- Humas Setwan Kalsel.)

Keanggotaan DPRD Kalsel 2024 - 2029 yang berjumlah 55 orang terdiri dari Partai Golkar 13, Partai Nasional Demokrat (NasDem) 10, Gerindra tujuh serta Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) masing-masing enam orang.

Selain itu,. Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan dan Partai Demokrat masing-masing tiga orang, serta seorang dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP yang kelak akan menjadi fraksi gabungan 


 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024