Perwakilan Duta Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih (Pepelingasih) dari Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalimantan Selatan (Kalsel) menorehkan prestasi dalam ajang seleksi tingkat Provinsi Kalsel.

Dari tiga peserta yang dikirim, satu perwakilan berhasil meraih Juara 1, sementara dua lainnya masuk dalam 10 besar dalam kegiatan seleksi berlangsung pada 24-27 September 2024, di salah satu hotel di Banjarmasin.

"Alhamdulillah, perwakilan Duta Pepelingasih HSS berhasil menorehkan prestasi terbaik, dari tiga orang yang dikirim, satu orang memperoleh Juara 1 tingkat Provinsi Kalimantan Selatan, dan dua orang lainnya masuk 10 besar," kata Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) HSS Heri Utomo, mengutip pers rilis Diskominfo HSS, Jumat.

Baca juga: 68 grup ikuti kopdar Pawadahan Dandang Kabupaten HSS

Dijelaskan Heri, ini merupakan bukti bahwa pemuda di HSS mampu bersaing dan memberikan kontribusi positif, khususnya dalam hal kepedulian terhadap lingkungan.

Perwakilan HSS yang berhasil meraih juara 1 adalah Khairunnisa Aprilianti. sementara Najwa Adelia Ramadhana dan Muhammad Jalaludin Akbar berhasil masuk dalam 10 besar.

Prestasi ini tidak hanya membanggakan, tetapi juga menjadi bukti nyata bahwa Kabupaten HSS mampu mempertahankan gelar juara di ajang Pepelingasih tingkat provinsi, di mana di tahun sebelumnya, pada 2023 HSS juga berhasil meraih juara 1 melalui Ahmad Zaini.

Adapun kegiatan seleksi Duta Pepelingasih ini bertujuan menjaring pemuda-pemudi yang memiliki kepedulian terhadap kelestarian lingkungan, serta mampu menjadi duta yang menginspirasi generasi muda lainnya dalam menjaga kebersihan dan keasrian lingkungan.

Baca juga: Pj Bupati HSS buka Festival Olahraga Pendidikan 2024

Kabupaten HSS menjadi salah satu dari sedikit kabupaten yang berhasil mengirimkan tiga perwakilannya, sekaligus dapat masuk ke dalam 10 besar.

Pendamping Duta Pepelingsih HSS yang juga Pelaksana Tugas (Plt) Kasi Pembinaan Pemuda Rachmad Hidayat, turut memberikan dukungan penuh kepada para peserta.

"Keberhasilan perwakilan kita dalam ajang ini diharapkan mampu memberikan inspirasi bagi generasi muda lainnya, untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan terus mengharumkan nama daerah," kata Rachmad.

Baca juga: Kemenpora verifikasi wakil HSS pada pemilihan pemuda pelopor nasional

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024