Penjabat (Pj) Bupati Barito Kuala (Batola), Kalimantan Selatan (Kalsel)  Dinansyah berharap,  pengurus Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Batola periode 2024-2027 berperan aktif  memberikan manfaat bagi masyarakat dan kemajuan desa masing-masing. 

"Perangkat desa tergabung dalam PPDI Kabupaten Batola merupakan potensi sangat besar sebagai sumber daya manusia untuk berkontribusi mengantarkan masyarakat semakin maju dan sejahtera," ujar Dinansyah, dalam siaran pers disampaikan, Senin.

Menurut dia, maju dan mundurnya pembangunan desa bukan hanya tergantung pada kepala desa saja,  melainkan atas kerjasama perangkat desa dan masyarakat desanya.

"Jika kepala desa dan perangkat desa solid, maka akan terlahir masyarakat yang harmonis sebagai penunjang kemajuan desa,” ungkap Dinansya.

Dia juga mengatakan, desa merupakan unit pemerintahan yang menjadi sistem pemerintahan melaksanakan kewenangan lokal berskala desa. 

"Baik dibidang pemerintahan, pembinaan masyarakat, pembangunan dan juga pemberdayaan masyarakat, desa berhak mendapatkan sumber pembiayaan dari Negara dalam bentuk Dana Desa," terangnya.

Dinansyah meminta,  kepada para perangkat desa tergabung dalam PPDI Kabupaten Batola agar bekerja dengan keras, ikhlas dan tuntas terutama untuk mewujudkan masyarakat terbebas dari kemiskinan ekstrem, rendah resiko angka Stunting dan pelayanan publik yang optimal.

Lebih lanjut dia berpesan, penting bagi pengurus PPDI Kabupaten Batola untuk meningkatkan pelayanan terbaik bagi seluruh warga desa. 

Untuk itu, pinta dia, PPDI Batola harus mampu menggerakkan sekaligus memberdayakan, meningkatkan peran dan partisipasi aktif warga dalam upaya memajukan pembangunan desa.

Dalam kesempatan itu,  Dinansyah mengucapan selamat dan sukses atas terpilihnya para pengurus PPDI Batola pada beberapa waktu lalu melalui musyawarah daerah. 

Momentum silahturahmi tersebut, ungkap dia, diharapkan dapat menjadi sarana untuk mempererat jalinan antar seluruh perangkat desa juga untuk meningkatkan peran dan fungsi organisasi menjadi lebih baik lagi. 

“Jaga dan jalin hubungan baik dan harmonis dengan semua pihak untuk kemajuan pembangunan desa dan juga jaga kenetrallitasan. Rasa kebersamaan sudah terjalin baik selama ini menjadi satu kesatuan di tubuh pemerintahan desa dalam melangkah menggapai target telah ditetapkan tujuan pembangunan berupa, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mewujudkan desa  maju, mandiri dan sejahtera,” tutupnya.

Penjabat (Pj) Bupati Barito Kuala (Batola) Dinansyah menghadiri silaturahmi sekaligus pengukuhan pengurus Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Batola periode 2024-2027,  di Gedung Sultan Suriansyah Banjarmasin, Minggu (21/09/2024).

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Kominfo, Ketua PPDI Provinsi Kalsel, Ketua PPDI Kabupaten se-Kalsel, Ketua DPC APDESI Kabupaten Batola.

Pewarta: Arianto

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024