Dinas Kesehatan (Dinkes) Banjarbaru. Kalimantan Selatan (Kalsel) mempercepat pembangunan Puskesmas Banjarbaru Selatan yang berlokasi di Jalan Lanan, Kelurahan Kemuning kota setempat.

Kepala Dinkes Banjarbaru dr Juhai Triyanti Agustina di Banjarbaru, Sabtu, mengatakan progres pembangunan puskesmas yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp11 miliar ini ditarget rampung pada November 2024 mendatang.

Baca juga: Bupati HST luncurkan inovasi kesehatan 8 puskesmas dan sekolah google

"Alhamdulillah, tidak ada kendala berarti dan sesuai progres, semoga di bulan November sudah finishing,” katanya usai peninjauan puskesmas Banjarbaru Selatan.

Tepat di belakang Puskesmas Banjarbaru Selatan, nantinya akan dibangun laboratorium kesehatan. Untuk diketahui, Puskesmas Banjarbaru Selatan berdiri di atas lahan eks Pasar Bauntung.

Juhai menyebutkan, operasional Puskesmas Banjarbaru Selatan nantinya tetap melayani pasien rawat jalan dan beroperasi terbatas. Sementara, pelayanan rawat inap hanya dilayani oleh Puskesmas Cempaka.

“Untuk tenaga medis, karena kita relokasi artinya tenaga dari puskesmas yang lama dipindah ke sini termasuk perangkatnya,” bebernya.

Di Banjarbaru, terdapat 10 titik puskesmas yang tersebar di lima kecamatan. Di mana, sembilan di antaranya sudah cukup bagus dari segi fasilitas maupun layanan.

Baca juga: Banjarmasin's 80,812 children receive polio vaccine

“Tinggal Puskesmas Banjarbaru Selatan ini yang belum (rampung),” tutup Juhai.

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024