Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum (Dirjen AHU), Cahyo Rahadian Muzhar menekankan notaris dapat bekerja lebih profesional dan kredibel dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Pengawasan dan pembinaan terhadap jabatan notaris adalah kunci untuk menjaga kepercayaan publik dan memastikan tata kelola yang baik," katanya saat penutupan Rapat Koordinasi Tahun 2024 dilangsungkan di Ballroom Discovery Kartika Plaza Hotel, Kuta, Bali, Rabu, (18/9).

Baca juga: Kemenkumham Kalsel perkuat peran MPN wujudkan notaris profesional

Dia menegaskan pentingnya tindak lanjut dari setiap rekomendasi yang telah dipaparkan. Ia berharap agar para notaris dan pejabat terkait segera merealisasikan rekomendasi tersebut, sehingga layanan yang diberikan kepada masyarakat dapat dilakukan secara profesional, kredibel, dan sesuai dengan regulasi yang berlaku.

"Kita harus segera menindaklanjuti setiap rekomendasi yang telah dipaparkan hari ini. Rekomendasi-rekomendasi ini bukan hanya untuk didiskusikan, tetapi harus diwujudkan dalam tindakan nyata," ujar Cahyo.

Menanggapi hal tersebut, secara terpisah Kakanwil Kemenkumham Kalsel Jumadi juga menyampaikan tanggapannya. 

Baca juga: Kemenkumham Kalsel optimalkan fungsi pengawasan notaris

“Kami sangat mendukung hasil dari tim pokja yang telah dipresentasikan hari ini. Rekomendasi-rekomendasi ini akan menjadi panduan kami dalam meningkatkan pembinaan dan pengawasan terhadap jabatan notaris di daerah," ujarnya.
Kakanwil Kemenkumham Kalsel Jumadi mengikuti arahan Dirjen AHU. (ANTARA/Firman)

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024