Bupati Banjar, Kalimantan Selatan Saidi Mansyur meminta anggota Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) meningkatkan kemampuan dan keterampilan menangani musibah kebakaran.
 
"Tingkatkan terus kemampuan dan keahlian anggota BPK sehingga semakin cepat dan tanggap dalam menangani musibah kebakaran yang setiap saat bisa terjadi," ujarnya di Martapura, Sabtu.

Baca juga: Saidi Mansyur dilantik sebagai Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Banjar
 
Pernyataan itu disampaikan bupati saat membuka lomba ketangkasan bagi anggota Barisan Pemadam Kebakaran se-Kabupaten Banjar yang diikuti 128 BPK di Stadion Mini Barakat Martapura.
 
Menurut Saidi, anggota BPK memiliki peran penting membantu pemerintah menangani musibah kebakaran baik bangunan maupun lahan termasuk bantuan terhadap masyarakat yang terkena musibah kebakaran.
 
"Pemkab Banjar dan anggota BPK harus saling bekerja sama dalam membantu masyarakat sehingga setiap bencana ditangani dengan cepat, tepat dan mencegah kerugian semakin besar," ucapnya.
 
Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Banjar Agus Siswanto tujuan kegiatan untuk meningkatkan kemampuan dan keahlian anggota BPK dalam menjalankan tugas.

Baca juga: Bupati Banjar kukuhkan perpanjangan masa jabatan ribuan anggota BPD
 
"Sumber daya manusia merupakan satu elemen penting mengelola dan mengoperasikan layanan pemadam kebakaran sehingga kami berupaya meningkatkan melalui lomba yang diikuti kelompok BPK," ujar Agus.
 
Ditekankan Agus, melalui SDM handal dan memiliki kemampuan dan keahlian yang baik maka kualitas pelayanan dan kesiapan dalam menghadapi kondisi darurat juga dapat diberikan dengan maksimal.
 
"Peran strategis anggota BPK yang juga relawan pemadam kebakaran sangat penting sehingga kami terus berupaya meningkatkan kemampuan dan keahlian mereka agar bisa lebih cepat serta tanggap," kata dia.
 
Lomba ketangkasan anggota BPK yang digelar di dalam stadion itu disaksikan Wakil Bupati Banjar Said Idrus Al Habsyi dan forkopimda serta sejumlah pimpinan SKPD di lingkungan Pemkab Banjar.

Baca juga: Bupati Banjar bangun jalan penghubung antardesa

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024