Banjarmasin (Antaranews Kalsel) - Tim verifikasi calon tuan rumah Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) IV tahun 2017 menilai Provinsi Kalimantan Selatan telah siap menjadi pelaksana event nasional tersebut.

"Berdasarkan observai kami, secara prosentase sudah 99 persen Kalsel siap sebagai tuan rumah Fornas IV yang dijadwalkan Oktober 2017," kata Sekjen Persatuan Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Pormi) Nasional Adi Sujatno selaku tim verifikasi tuan rumah Fornas seusai pertemuan dengan anggota Komisi IV DPRD Kalimantan Selatan di Banjarmasin, Rabu.

Namun, lanjutnya, untuk kepastian Kalsel apakah bisa atau tidak sebagai tuan rumah Fornas IV tergantung pada ketetapan Menteri Pemuda dan Olahraga.

Ia mengapresasi kesiapan dan kerja sama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel dengan seluruh komponen masyarakat setempat untuk bersama-sama menyukseskan Fornas IV 2017.

Selain itu juga partisipasi seluruh wartawan atau media massa guna kesuksesan Fornas IV.

Pada kesempatan terpisah, anggota DPRD Kalsel Gusti Husnul Chotimah menyambut gembira atas kepercayaan sebagai tuan rumah Fornas IV, dan berharap pula agar provinsinya menjadi tempat Hari Olahraga Nasional (HORNAS) 2017.

"Oleh karenanya, kita semua harus menyukseskan Fornas IV atau even olahraga rekreasi dua tahunan tersebut," ajak anggota Komisi IV bidang kesra DPRD Kalsel itu.

Panitia Pelaksana Fornas IV merencanakan 10 venue untuk kegiatan berskala nasional itu tersebar pada beberapa tempat dalam "kota seribu sungai" Banjarmasin, antara lain Masjid Raya Sabilal Muhtadin, Gedung Bundar Sultan Suriansyah (Susu), Stadion 17 Mei, dan Menara Pandang.

Sedangkan cabang olahraga dalam Fornas IV itu antara lain bermain egrang (tungkau), terompah panjang, sumpit, aerobik dan jumba, panco (bapanca), balogo, bagasing, dagongan/tarik tambang, senam poco-poco, dan senam sajojo, serta layang dandang di tengah lapangan.

Pewarta: Syamsudin Hasan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017