Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapin, Kalimantan Selatan (Kalsel) meluncurkan inovasi “Home Care Healthy” sebagai layanan kesehatan (Yankes) bagi tokoh agama dan tokoh masyarakat adat.

“Program Home Care Healthy ini sudah kami rencanakan sejak tahun lalu, dan tahun ini resmi kami luncurkan,” kata Penjabat (Pj) Bupati Tapin M Syarifuddin di Rantau, Tapin, Kamis.

Dia menyebutkan program ini sudah berjalan pekan ini, dan dimulai dengan pelayanan kesehatan bagi tokoh agama, yakni Guru Hasnan di Kecamatan Tapin Utara.

“Saya memantau langsung di lapangan untuk memastikan pelaksanaan yang pertama kalinya berjalan sesuai dengan harapan. Perdana dilaksanakan Puskesmas Tapin Utara didampingi Dinas Kesehatan,” ucapnya.

Syarifuddin mengungkapkan program ini pertama kali direncanakan sejak awal kepemimpinannya sebagai Pj Bupati, program ini menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan pelayanan bagi masyarakat, termasuk tokoh agama dan masyarakat karena juga telah berdedikasi membangun daerah.

Dia menjelaskan program ini menjadi bentuk kepedulian pemerintah daerah untuk menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

Melalui program ini, kata Syarifuddin, pemerintah daerah dapat lebih mudah dan cepat memberikan pelayanan kesehatan dan jika diperlukan bagi yang mengalami sakit dapat segera ditangani oleh tenaga kesehatan yang profesional.

Selain itu, fasilitas kesehatan di rumah sakit juga akan ditingkatkan, dan jika penerima manfaat membutuhkan rujukan maka dapat segera ditangani dengan maksimal dengan fasilitas yang memadai.

Dia mengatakan tenaga kesehatan yang bertugas yakni petugas Puskesmas di setiap Kecamatan, dan setiap bulan tenaga kesehatan akan datang ke rumah tokoh agama dan tokoh masyarakat.

“Jika memang keadaan darurat, bisa menghubungi nomor Puskesmas terdekat melalui kontak darurat yang disediakan,” ujar Syarifuddin.

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024