Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (Pemkab HST), Kalimantan Selatan (Kalsel) membekali sebanyak 845 anggota satuan perlindungan masyarakat (Satlinmas) untuk membantu kepolisian dalam pengamanan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

“Ada sebanyak 845 anggota satlinmas desa/kelurahan yang baru saja dikukuhkan. Mereka kita tugaskan tidak hanya membantu pengamanan pilkada, tetapi juga menjaga keamanan lingkungan setelah pelaksanaan pilkada,” kata Bupati HST Aulia Oktafiandi di Barabai, Hulu Sungai Tengah, Selasa.

Baca juga: Pemkab HST bantu pembangunan sapras masjid di Desa Aluan Mati

Dia menyebutkan ratusan satlinmas yang baru dikukuhkan ini berasal dari 161 desa dan delapan kelurahan dan telah mengikuti berbagai pembekalan.

“Satlinmas merupakan garda terdepan untuk menjamin keamanan dan ketertiban di desa dan kelurahan,” ucapnya.

Aulia mengungkapkan selain memberikan pelatihan dan pembekalan kepada satlinmas, pemerintah daerah juga memberikan atribut kelengkapan untuk menjalankan tugas sehari-hari.

Baca juga: Pemkab HST beri fasilitas internet gratis di RTH

Menurut dia, satlinmas perlu mendapatkan perhatian lebih karena organisasi ini juga merupakan bagian dari pemerintah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Oleh karena itu, Aulia meminta meminta para anggota satlinmas dapat melaksanakan tugas dengan ikhlas dan sebaik-baiknya, serta menunjukkan keseriusan dan eksistensi dalam menjalankan tugas yang mulia.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Damkar Kabupaten HST Subhani mengatakan melalui pelatihan dan pembekalan, satlinmas diharapkan dapat mewujudkan situasi yang aman dan kondusif di Kabupaten HST baik sebelum, saat dan setelah penyelenggaraan Pilkada 2024.

“Saya minta anggota satlinmas menjalankan tugas dengan penuh dedikasi, integrasi, dan tanggung jawab, serta bertindak sesuai prosedur dan aturan dengan menjaga sikap dan perilaku dalam melaksanakan tugas pengamanan,” ujar Subhani.

Baca juga: Bupati HST jadikan "ASN tanam pohon" tradisi lestarikan alam Meratus

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024