PT Bank Syariah Indonesia (BSI) Tbk., berkomitmen mengembangkan bidang perekonomian dan olahraga sehingga hadir pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh dan Sumatera Utara (Sumut).

Direktur Utama BSI Hery Gunardi mengatakan kesuksesan perusahaan Perseroan tersebut mendukung PON XXI Aceh-Sumut 2024, sebagai bukti BSI semakin mampu berperan pada kancah olahraga nasional.

Baca juga: BSI optimalkan seluruh layanan guna kelancaran transaksi finansial PON 2024

“Upaya-upaya kami menyediakan layanan perbankan dan keuangan secara prima untuk menyukseskan PON XXI terutama di Aceh, menjadi bukti konkret komitmen BSI untuk terus mendukung pengembangan ekonomi dan kemajuan olahraga nasional,” ujar Hery melalui keterangan tertulis di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Selasa.

Hery berharap penyediaan uang tunai sebesar lebih dari Rp2,7 triliun yang disiapkan BSI selama PON XXI di Aceh dapat mendorong aktivitas ekonomi sektor riil dan memberi manfaat ganda (multiplier effect) yang langsung dirasakan masyarakat Aceh.

Penyediaan uang tunai yang memadai sebagai antisipasi lonjakan transaksi keuangan di masyarakat selama PON, merupakan salah satu upaya BSI menghadirkan layanan keuangan yang terbaik.

Sejumlah inisiatif strategis telah ditempuh BSI pada kesiapan operasional, kesiapan infrastruktur, IT dan aspek bisnis.

Baca juga: Kalsel dan BI gelar Festival Antasari 2024

Hal ini untuk memastikan kelancaran dan kenyamanan transaksi finansial bagi atlet, ofisial dan penonton PON, serta masyarakat luas selama berlangsungnya PON.

Dari sisi infrastruktur, BSI menambah jumlah ATM dan CRM sebanyak 206 unit sehingga total 910 mesin ATM dan CRM di seluruh Aceh, termasuk penambahan mesin ATM dan CRM tersebar di lokasi strategis sekitar venue PON.

BSI juga mengoptimalkan kanal digital perseroan, yakni menyiapkan layanan QRIS pada 45.000 merchant dan 3.754 mesin EDC merchant BSI untuk memudahkan transaksi non-tunai yang lebih aman dan efisien.

Selain itu, BSI Mobile yang menyediakan fitur lengkap, membuka 30 outlet weekend banking yang akan beroperasi rutin selama PON. 

BSI pun menghadirkan layanan perbankan tanpa kantor untuk memudahkan nasabah dan masyarakat luas bertransaksi finansial melalui 17.830 BSI Agen yang tersebar di seluruh Aceh.

Baca juga: PLN gandeng Bank BSI tingkatkan kualitas pelayanan pelanggan

Saat ini, hampir 60 persen dari total BSI Agen se-Indonesia berada di Provinsi Aceh, sementara sisanya tersebar di Pulau Jawa. 

Agen laku pandai dari BSI tersebut siap melayani berbagai transaksi perbankan dan keuangan dari atlet, ofisial, penonton dan masyarakat yang lokasi tempat tinggal jauh dari lokasi mesin ATM.

Transaksi tersebut mulai dari tarik tunai, transfer ke sesama rekening BSI atau ke Bank lain, pembelian pulsa dan pembayaran tagihan listrik.

Selain untuk kelancaran transaksi keuangan selama PON 2024, penguatan layanan branchless banking melalui BSI Agen juga sebagai upaya mendukung ekonomi rakyat.

Jaringan BSI Agen yang tersebar luas meningkatkan inklusi keuangan masyarakat dan membuka peluang peningkatan ekonomi bagi para agen. 

“Totalitas dukungan BSI untuk PON di Aceh tidak hanya dibuktikan dengan kami menjadi sponsor platinum. Dari aspek operasional, infrastruktur, IT hingga sumber daya manusia kami tingkatkan,” tutur Hery.

Baca juga: Wabup HST: Keberadaan BSI jadi barometer percepatan ekonomi

Hery mengharapkan peningkatan kapasitas layanan ini memberi dampak yang berkelanjutan, mendorong peningkatan inklusi dan literasi keuangan di tengah masyarakat, dan memacu pertumbuhan ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat Bumi Serambi Mekkah.

BSI juga memperhatikan kebutuhan spiritual para atlet dan pengunjung PON 2024 di Aceh dengan menyiapkan mobil mushala pada dua lokasi utama, yaitu Stadion Harapan Bangsa (mengakomodasi venue Basket dan Tenis) dan Waduk Keliling (untuk mengakomodasi venue Dayung). 

Sebanyak delapan unit mushala knock down juga disiapkan BSI yang ditempatkan di berbagai venue strategis dan menyediakan dua shuttle bus untuk jurnalis guna melayani antarjemput dari media center di Hotel Hermes ke Stadion Harapan Bangsa setiap hari.

"Tidak hanya menghadirkan kemudahan layanan finansial bagi atlet, ofisial dan penonton, kami juga menyediakan fasilitas-fasilitas untuk menunjang aktivitas ibadah. Ini sejalan dengan semangat BSI sebagai Sahabat Finansial, Sosial dan Spiritual, ” pungkas Hery.

Baca juga: BI Kalsel gencarkan akselerasi pembayaran digital

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024