Roasting, sebuah ekspresi yang populer di kalangan komedian stand up, kerap menjadi momok publik figur. Karena mengandung unsur olokan kepada seseorang, tapi dibalut dengan nuansa humor. 

Tak semua tokoh berkenan diroasting, namun tidak bagi pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Tanah Bumbu Andi Rudi dan Bahsanuddin. Keduanya justru terhibur dan tebar senyum walau kehidupan dan proses karirnya diroasting didepan publik.

Baca juga: KPU Tanah Bumbu tetapkan satu pasangan calon pada pilkada 2024

Seperti yang dialaminya dalam sebuah acara di Gimme Kafe Batulicin, Tanah Bumbu, Jum'at (6/9/2024) malam. Tampil diatas panggung dihadapan ratusan masyarakat Andi Rudi dan Bahsanuddin menjadi bulan-bulanan dua komedian, Chandra dan Mukhtar.

Kehidupan dan perjalanan karir keduanya dikuliti habis. Tapi tak sedikitpun ada rasa marah dan getir. Malahan paslon ini terbawa suasana senang karena kritik yang disampaikan lewat lelucon memberikan hiburan.

Menariknya, dari roasting ini justru membuka pengetahuan dan wawasan masyarakat bagi kedua sosok ini.

Misalnya saat komedian Mukhtar mengungkapkan ada terkandung makna dari  anonim nama panggilan akrab Andi Rudi, Bang Arul, yang mengisyaratkan prinsip hidupnya.

"ARUL itu kepanjangan dari Amanah, Realistis, Ulet dan Luwes. Ini prinsip bekerja Pak Andi Rudi," beber Mukhtar.

Pernyataan itu ditimpali pemandu acara lainnya, Chandra. "Bang Arul memang irit bicara, tapi banyak bekerja. Itu dibuktikannya selama menjabat sebagai Wakil Bupati Kotabaru. Diantaranya dalam upayanya menurunkan angka stunting," terang Chandra.

Meski demikian, tak sedikit sindiran-sindiran mengalir dari kedua komedian kepada paslon Andi Rudi dan Bahsanuddin (ARB) ini.

"Katanya ARB banyak punya kendaraan? Eh kendaraan politik maksudnya," sindir kedua peroasting. Kalimat itu menyimpulkan jika ARB didukung nyaris semua partai politik dalam pencalonan keduanya pada Pilkada Tanah Bumbu kali ini.

Baca juga: Pilkada Tanah Bumbu diperkirakan hanya satu pasangan calon

Faktanya memang tujuh parpol yang memiliki kursi di DPRD Tanah Bumbu menyatakan mengusung dan mendukung ARB dikontestasi kepala daerah ini.

Gelak tawa dan aplaus meriah pun menyeruak di area kafe yang dipadati ratusan pengunjung. Kegiatan roasting ini sendiri bukan sebagai ajang menghakimi peserta roasting, tapi sebagai cara untuk pengayaan pengetahuan.

Acara ini pertama di Kalsel, ada paslon kepala daerah berani tampil menjadi peserta roasting. Hanya ARB yang awal menjalaninya.

Selain roasting Cabup dan Cawabup Tanah Bumbu, turut pula mengalami nasib serupa sejumlah anggota DPRD Kabupaten Tanah Bumbu serta wakil rakyat petahana dari Bumi Bersujud dan Bumi Saijaan, Kotabaru.

Diantaranya Makhruri, Andi Heryanto dan Andi Rustianto sebagai legislator pendatang baru. Sedangkan petahana ada nama Dading Kalbuadi, Andi Asdar Wijaya dan H Hasanuddin dari Tanah Bumbu. Serta satu anggota legislatif Kotabaru, Awaludin. *

Baca juga: Pendaftaran ditutup, tiga pasangan bersaing pada Pilkada Banjarmasin

Pewarta: Tim Redaksi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024