Bupati Banjar, Kalimantan Selatan Saidi Mansyur meminta anggota DPRD Banjar terpilih periode 2024-2029 menjadi mitra yang baik bagi pemerintah daerah untuk menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan.
 
"Eksekutif dan legislatif adalah mitra dalam menjalankan pemerintahan sehingga kami berharap kemitraan terjalin dengan baik," ujar Saidi usai Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Banjar di Martapura, Rabu.

Baca juga: Pemkab Banjar rehabilitasi 100 unit rumah tidak layak huni
 
Rapat Paripurna DPRD digelar untuk pengucapan sumpah/janji anggota DPRD masa jabatan 2024-2029 yang dihadiri Bupati Saidi dan Wakil Bupati Banjar Said Idrus Al Habsyi, serta undangan lainnya.
 
Bupati Banjar membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian yang menegaskan pengambilan sumpah/janji anggota DPRD puncak pemilu legislatif pada Februari 2024 lalu.
 
"Anggota DPRD yang terpilih adalah hasil pemilihan umum tahun 2024 dan merupakan puncak dari seluruh rangkaian proses pemilihan umum anggota DPRD yang menjadi wakil rakyat di lembaga itu," ucap Saidi.
 
Dikatakan Saidi, pemilu legislatif 2024 telah menghadirkan wajah baru dengan beragam latar belakang profesi anggota DPRD terpilih yang tidak hanya berasal dari kalangan politisi.

Baca juga: Tingkat kemiskinan di Kabupaten Banjar salah satu terendah se-Indonesia
 
"Kami ucapkan selamat bekerja kepada anggota DPRD masa jabatan 2024-2029 yang baru. Kami berharap semuanya dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya sampai purna tugas nanti," kata Saidi.
 
Rapat paripurna juga diisi dengan pengumuman penunjukan pimpinan sementara DPRD oleh Sekretaris DPRD Aslam dan terpilih Ketua Agus Maulana dari Partai Golkar dan wakil Irwan Bora dari Partai Gerindra.
 
Serah terima pimpinan DPRD ditandai penyerahan palu rapat dan buku memori tahun 2019-2024 oleh Ketua DPRD terdahulu Muhammad Rofiqi kepada pimpinan sementara DPRD Banjar Agus Maulana.
 
Selain bupati dan wabup, Ketua TP PKK Banjar Nurgita Tiyas, anggota DPRD 2019-2024, unsur Forkopimda, pimpinan SKPD, dan anggota DPRD masa jabatan 2024-2029 juga hadir pada pengucapan sumpah/janji itu.
 
Baca juga: Bupati Banjar minta Harjad momentum perkuat semangat kebersamaan

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024