Bupati Banjar, Kalimantan Selatan Saidi Mansyur meminta peringatan Hari Jadi ke-74 kabupatennya menjadi momentum memperkuat semangat kebersamaan dan gotong-royong seluruh masyarakat.
 
"Tema hari jadi yakni Rakat Bersama menjadi momentum bagi kita semua mewujudkan komitmen bersama terus bergerak maju, mengatasi tantangan untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan," ujarnya di Martapura, Senin.
 
Pernyataan itu disampaikan bupati pada puncak peringatan Hari Jadi ke-74 Kabupaten Banjar tahun 2024 yang dipusatkan di Alun-Alun Ratu Zalecha Martapura dihadiri dan disaksikan ribuan masyarakat.
 
Menurut Saidi, rasa kebersamaan dan kerja keras dengan semangat gotong royong segenap komponen masyarakat membuat Kabupaten Banjar berkembang menjadi daerah yang maju, sinergi dan berdaya saing tinggi dengan daerah lainnya.
 
Saidi menekankan, pihaknya terus berupaya mewujudkan kemajuan pembangunan sesuai dengan visi dan misi mewujudkan Kabupaten Banjar Manis, akronim Maju, Mandiri dan Agamis.
 
"Kami berupaya mewujudkan visi dan misi yang diusung saat pilkada sehingga cukup berhasil mencapai rencana pembangunan yang patut dibanggakan dan disyukuri," ucap Saidi penuh semangat.
 
Puncak peringatan Harjad ke-74 Kabupaten Banjar diisi penyerahan bantuan dan penghargaan bupati berupa 17 kendaraan operasional kepada tenaga sosial keagamaan di Kecamatan Paramasan.
 
Bupati juga melakukan penyerahan manfaat kepada nasabah program dana pinjaman "Kurma Manis" PT BPR Martapura Banjar Sejahtera.
 
Selain itu, piagam penghargaan juga diserahkan kepada Sumiatin sebagai terbaik 1 lomba kader posyandu tingkat Kalsel dan pemenang lomba inovasi tangguh dan andalan Kabupaten Banjar kategori ASN/SKPD dan umum/masyarakat.
 
Selanjutnya, Bupati Banjar juga menyerahkan simbolis buku saku 17 Fatwa MUI dari Ketua MUI Banjar dan piagam penghargaan dari Kepala Balai Penjamin Mutu Pendidikan Kalsel.
 
Bupati juga menyerahkan surat pencatatan ciptaan dari Direktur Hak Cipta dan Desain Industri Kemenkumham RI kepada Nurgita Tiyas sebagai pemegang hak cipta seni motif dengan judul ciptaan selendang manis.
 
Di akhir acara, bupati dan wakil bupati yang didampingi istri serta Staf Ahli Gubernur Kalsel Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Adi Santoso meninjau Kuliner Rakat Bersama di Alun-Alun Ratu Zalecha diisi dengan stand-stand yang menyajikan aneka makanan dan minuman dari SKPD di lingkup Pemkab Banjar.
 
Ribuan masyarakat termasuk ASN dan pegawai Pemkab Banjar lainnya memenuhi ruang terbuka hijau di pusat Kota Martapura itu menikmati aneka makanan dan minuman yang disediakan dalam suasana penuh keakraban dan kegembiraan.
 
 
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024