Kotabaru (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, bekerja sama dengan perusahaan perkebunan kelapa sawit berencana membangun jalan poros yang akan menghubungkan tiga kecamatan di wilayah perbatasan Kotabaru dengan Kabupaten Paser, Kaltim.

"Keterlibatan perusahaan membangun jalan ini sebagai salah satu bentuk kepedulian dan kompensasi perusahaan, karena perusahaan juga menggunakan jalan negara untuk angkutan hasil kebun," kata Bupati Kotabaru H Sayed Jafar di Kotabaru, Rabu.

Jalan sepanjang 94 kilometer tersebut akan melintasi wilayah Kecamatan Pamukan Barat, Kecamatan Pamukan Utara, dan Kecamatan Pamukan Selatan.

Bupati menargetkan tiga tahun ke depan, jalan dengan lebar 12 meter tersebut sudah beraspal. Pekerjaan akan dimulai dari Desa Sengayam, Kecamatan Pamukan Barat sampai Desa Sesulung, Kecamatan Pamukan Selatan.

Mempercepat pengerjaan agar segera terwujud, pembangtunan jalan dibagi dua, Pemkab Kotabaru akan mengerjakan sepanjang 44 kilometer.

Sedangkan 50 kilometer sisanya yang berada di kawasan perkebunan kelapa sawit diharapkan dikerjakan perusahaan dengan memperbaiki jalan kebun yang sudah ada.

Manakala pembangunan jalan poros ini sudah selesai maka tugas pemerintah untuk menyambungkan jalan yang menghubungkan antardesa.

"Desa yang dilintasi jalan poros ini ada berpuluh-puluh desa. Ini adalah tugas dari Dinas Bina Marga Kotabaru," imbuh Bupati.

Dijelaskan, dari 50 kilometer jalan di kawasan perkebunan kelapa sawit sekitar 80 persen berada di daerah perkebunan kelapa sawit milik PT Minamas.

GM PT Minamas Area Sungai Durian Tri Haryanto, mengemukakan pihaknya akan menyampaikan rencana Pemkab Kotabaru tersebut kepada pimpinanya.

"Untuk cost pengaspalan saya akan konsultasi dengan manajemen," ujarnya.

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017