Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Winarto meningkatkan kesiapsiagaan keamanan menjelang penetapan pasangan calon kepala daerah untuk Pemilihan kepala daerah (Pilkada) pada 22 September 2024 

"Dari laporan 13 polres jajaran termasuk tingkat provinsi, semuanya aman terkendali dan tidak ada kejadian menonjol," kata Winarto di Banjarbaru, Senin.

Baca juga: KPU Balangan perpanjang masa pendaftaran Paslon Pilkada hingga 4 September

Selama tahapan pencalonan yang diawali pendaftaran bakal calon,  Winarto menuturkan Polda Kalsel mengerahkan sebanyak 585 personel untuk mengawal pengamanan kantor KPU.

Aparat juga disiagakan di Rumah Sakit Bhayangkara Banjarmasin dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin Banjarmasin yang menjadi pusat pemeriksaan kesehatan bagi calon kepala daerah.

Kapolda Kalsel memastikan anggota terus bersiaga mengawal seluruh tahapan pilkada yang dilaksanakan KPU.

Baca juga: RS Bhayangkara Banjarmasin selesaikan pemeriksaan kesehatan cagub

Setelah itu, kesiapsiagaan akan semakin ditingkatkan seiring penetapan pasangan calon pada 22 September 2024, apalagi ketika memasuki masa kampanye selama dua bulan sebelum hari pemungutan suara pada 27 November 2024.

"Kami siagakan 6.466 personel dalam Operasi Mantap Praja Intan Tahun 2024, termasuk penebalan pasukan bantuan dari TNI, Satpol PP, dan instansi terkait lainnya," ucap Winarto.

Baca juga: Cek, pasangan calon kepala daerah maju pada Pilkada 2024 di Kalsel
 
Personel Brimob Polda Kalsel bersiaga di depan kantor KPU Kalsel di Banjarmasin, Senin (2/9/2024). (ANTARA/Firman)

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024