Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan Rusnailah menyatakan hingga habis batas waktu pendaftaran sebanyak tiga pasangan calon (Paslon) kepala daerah yang sudah mendaftar dan siap bersaing pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

"Sampai tadi malam, Kamis, hingga batas akhir pendaftaran sekitar pukul 23.59 WITA, hanya tiga pasangan Bakal Calon Kepala Daerah Banjarmasin yang resmi mendaftar sebagai bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin," ucap Rusnailah di Banjarmasin, Jumat.

Baca juga: KPU Banjarmasin sebut berkas pasangan Arifin-Supian lengkap

Rusnailah mengatakan pasangan calon yang telah resmi mendaftar, yakni pasangan HM Yamin-Hj Ananda yang diusung sembilan partai politik.

Kemudian, pasangan calon Kepala Daerah Banjarmasin H Muhyar-Awan Subarkah didukung tiga partai politik, serta pasangan Arifin Noor-Supian Akbari diusung lima partai politik pada Pilkada Banjarmasin yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024.

Rusnailah juga mengatakan pendaftaran calon Wali Kota Banjarmasin dan Wakil Wali Kota Banjarmasin sudah ditutup dan selanjutnya para pasangan calon kepala daerah ini akan melaksanakan pemeriksaan kesehatan.

Baca juga: Kapolresta Banjarmasin jamin keamanan pendaftaran calon kepala daerah

"Pemeriksaan kesehatan para pasangan calon kepala daerah Banjarmasin ini kami lakukan pada 1-2 September 2024 di RSUD Ulin Banjarmasin," ucap Ketua KPU Banjarmasin.

Dia juga menuturkan petunjuk teknis pemeriksaan sudah diberikan ke pihak rumah sakit untuk mengetahui hal yang perlu dilakukan pemeriksaan terhadap pasangan bakal calon.

"Nanti 22 September 2024 akan dilakukan pengumuman penetapan pasangan calon dan 23 September 2024 pencabutan no urut," ujar Rusnailah.

Baca juga: Yamin-Ananda mendaftar ke KPU diiringi kesenian Hadrah

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024