Keluarga prasejahtera dari buruh perkebunan sawit ketiban berkah pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-32 PT Adaro Energy Indonesia di Desa Rimbun Tulang, Kecamatan Kuripan, Kabupaten Barito Kuala (Batola), Kalimantan Selatan (Kalsel).
 
Perusahaan yang bergerak pada bidang pertambangan tersebut membagikan bantuan kebutuhan pokok kepada warga di desa pinggiran Sungai Barito, Kamis.

Baca juga: Warga di pesisir Sungai Barito gembira dapat sembako dari Adaro
 
Menurut Kepala Desa Rimbun Tulang Kasbi, warga yang mendapatkan program Adaro #HidupkanHati pada rangkaian HUT Ke-32 Adaro Group tersebut sebanyak 120 paket.
 
"Bantuan ini sangat bermanfaat dan membantu warga kami yang masuk prasejahtera untuk kebutuhan sehari-hari," ujarnya.
 
Dia pun menyampaikan mayoritas warga di Desa Rimbun Tulang berprofesi sebagai buruh perkebunan sawit dan pencari ikan sungai.
 
Hasbi mengatakan PT Adaro yang memiliki wilayah operasional angkutan batubara di Sungai Barito sudah menyalurkan beberapa bantuan termasuk melalui wilayah Desa Rimbun Tulang.
 
"Bahkan ada CSR dari Adaro untuk desa-desa di Kecamatan Kuripan ini masing-masing mendapatkan Rp50 juta pertahun," paparnya.
 
Dia pun berharap bantuan ini berlanjut dan jumlah paket bertambah untuk sosial maupun peningkatan ekonomi masyarakat.

Baca juga: 134 keluarga prasejahtera Desa Jambu dapat perhatian HUT Adaro 2024
 
Penyerahan bantuan di Desa Rimbun Tulang yang dihuni 216 kepala keluarga atau 627 jiwa ini dihadiri pula perwakilan Bina Desa CSR PT Adaro Energy Indonesia Jatmiko Wicaksono dan jajaran Rumah Zakat dan Kapolsek setempat.
 
Diketahui, Adaro yang memasuki usia ke-32, membagikan total sembako sebanyak 27.000 paket tersebar pada 176 lokasi di Indonesia meliputi wilayah Sumatera, Jawa dan Kalimantan.
 
Di Provinsi Kalimantan Selatan, Adaro bersama Rumah Zakat dan Perum LKBN ANTARA Biro Kalsel membagikan bantuan kebutuhan pokok kepada warga prasejahtera yang berada di wilayah operasional PT Adaro Energy Indonesia.
 
Adaro bersama Rumah Zakat telah bekerja sama sejak 2022, untuk menyalurkan bantuan sembako bagi warga prasejahtera di wilayah operasional meliputi Sumatera, Jawa, dan Kalimantan.
 
Tercatat, Adaro membagikan 21.695 paket tersebar di 168 lokasi pada 2022, sebanyak 25.000 paket pada 199 lokasi (2023), dan 27.000 paket pada 176 (2024).

Baca juga: Perajin purun di Desa Kabuau terima berkah HUT ke-32 Adaro

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024