Tuan Guru Haji Madyan Noor Mar'ie mengungkap rahasia keutamaan "shadaqah" atau sedekah, dalam tausiyahnya di Masjid Assa'adah Komplek Beruntung Jaya, Rabu malam.

"Pasalnya sedekah dengan ikhlas atau tanpa mengharapkan balasan dapat membangkitkan dari neraka," ujar Tuan Guru yang lama menimba ilmu agama di Mekkah Madinah Arab Saudi bergelar "Lc" dan "MA" itu dengan mengutip Hadits Rasulullah Muhammad SAW.

Tuan Guru asal Amuntai (185 km utara Banjarmasin), ibukota Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Kalimantan Selatan (Kalsel) mengungkapkan rahasia keutamaan shadaqah itu mengambil ceritera dari Hadits Rasulullah Saw dari Annas bin Malik radhiyallahu anhu (ra).

Annas bin Malik ra (seorang sahabat dan lama menjadi hadam Rasulullah Saw) mengatakan, bahwa Rasulullah Saw pernah bersabda dengan menceriterakan seorang penghuni surga dan neraka.

Pada suatu ketika, seorang penghuni neraka memanggil-manggil penghuni surga. "Ujar penghuni neraka: Hai penghuni surga, ingatkah/kenalkah dengan aku (penghuni neraka)," kutip Tuan Guru Madyan - mantan Ketua Persatuan Qari dan Qariah DKI Jakarta

Penghuni surga itu menjawab tidak kenal. Kemudian penghuni neraka itu bilang: aku adalah orang yang pernah menolong kamu (penghuni surga,l mengasih air minum kau kehausan sewaktu melintas di depan ku.

Baru penghuni surga itu ingat dan menyatakan betul. Penghuni neraka itupun meminta tolong kepada penghuni surga agar memintakan kepada Allah supaya dirinya terangkat/terbebas dari neraka.

Tuan Guru H Madyan Noor Mar'ie saat tausiyah di Masjid Assa'adah Komplek Beruntung Jaya Banjarmasin, Rabu (28/8/2024) malam. (ANTARA/Syamsuddin Hasan)

Pendek ceritera, penghuni surga pun memohon kepada Allah, bahwa dirinya mau memberikan "penghormatan" kepada penghuni neraka yang pernah menolongnya ketika masih hidup di dunia. Allah pun membebaskan penghuni neraka tersebut dan memasukkan ke surga.

"Nah dengan cuma memberi air yang relatif tidak begitu berharga kepada orang yang membutuhkan dapat membebaskan diri dari neraka, apalagi kalau memberikan sesuatu yang lebih berharga kepada orang membutuhkan," demikian Tuan Guru Madyan.


 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024