Petahana Bupati dan Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) Aulia Oktafiandi dan Mansyah Sabri memutuskan maju melalui jalur partai pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) HST 2024 usai digandeng Partai PDI Perjuangan dan Partai Demokrat.

“Meskipun sempat maju melalui jalur independen, namun dalam pergerakan waktu kami juga diusung oleh partai politik. Dalam safari politik, ternyata Partai Demokrat dan PDI Perjuangan adalah partai yang memiliki visi misi kami,” kata Aulia dalam konferensi pers usai mendaftar ke KPU HST di Barabai, Hulu Sungai Tengah, Rabu.

Pada pemilihan legislatif (Pileg) 2024 HST, PDI Perjuangan meraih dua kursi di DPRD HST dengan jumlah 12.018 suara sah. Sedangkan, Partai Demokrat meraih empat kursi dengan jumlah 25.591 suara sah.

Dengan jumlah enam kursi ini atau 37.608 suara sah, maka sesuai Peraturan KPU (PKPU) terbaru, jumlah ini mencukupi untuk menjadi pengusung di Pilkada HST dengan syarat minimal 15.440 suara sah.

"Kami terpanggil untuk menjaga banua kita dalam melanjutkan pembangunan, dan tentunya untuk mewujudkan masyarakat HST yang lebih maju dan sejahtera,” ujar Aulia.

Aulia berharap seluruh masyarakat HST memberikan dukungan pada puncak Pilkada 2024 yang akan berlangsung pada 27 November nanti, dan tentunya tanpa ada ancaman dan gangguan sehingga pesta demokrasi ini berjalan dengan aman dan tertib.

Sementara itu, Ketua KPU HST Ardiansyah mengatakan hingga saat ini, pihaknya baru menerima pasangan Aulia-Mansyah yang mendaftarkan diri sebagai Bakal Pasangan Calon (Bacalon) Bupati dan Wakil Bupati HST 2024.

Dia mengungkapkan dari persyaratan dokumen pasangan Aulia-Mansyah, sudah bisa diterima dengan total suara sah 15 persen.

“Pada 1-2 September nanti para pendaftar akan melakukan pemeriksaan medis di RSUD Ulin Banjarmasin, kemudian klarifikasi atau tanggapan masyarakat terkait pencalonan. Lalu pada 22 September nanti tahapan penetapan sebagai paslon Pilkada 2024,” ujar Ardiansyah.

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024