Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalimantan Selatan (Kalsel) periode 2018 - 2023 Syamsuri Arsyad (Kak Choie) kembali terpilih sebagai Ketua Umum Dewan Harian Cabang Badan Penerus Pembudayaan Kejuangan 45 (DHC 45) HSS untuk masa bakti periode 2023-2028.

Adapun untuk pelantikan pengurus DHC 45 HSS dilakukan Pengurus Wilayah Kalimantan Selatan mengambil tempat di Area Tugu Niih, Desa Hulu Banyu, Kecamatan Loksado, dengan proses pelantikan diisi dengan pengucapan ikrar bersama oleh seluruh jajaran pengurus terpilih.

"Tempat kita berpijak ini adalah tempat yang sangat bersejarah, karena di sinilah Proklamasi Kemerdekaan Kalimantan 17 Mei 1949 dikumandangkan oleh Brigjend H. Hasan Basri," kata Syamsuri Arsyad dalam keterangan, mengutip pers rilis Diskominfo HSS, Sabtu.

Baca juga: Pj Bupati HSS tegaskan dukungan pembinaan nilai-nilai keorganisasian DHC 45

Dijelaskan dia, proklamasi itu juga sebagai ikrar untuk bergabungnya wilayah Kalimantan ke dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Penjabat (Pj) Bupati HSS Endri, mengucapkan selamat dan sukses kepada jajaran pengurus DHC 45 yang telah dilantik.

"Kabupaten HSS ini adalah daerah pejuang karena di daerah ini banyak melahirkan para pejuang, dan pahlawan pemberani," ucapnya.

Menurut dia, nilai-nilai dan semangat perjuangan ini perlu terus dipertahankan, dan diwariskan ke generasi penerus bangsa.

Baca juga: Pawai obor isi rangkaian peringatan Hari Pahlawan ke-78 di HSS

Dan ini salah satu tugas DHC 45 untuk melakukan upaya pelestarian ini dengan berbagai program ke depan, dan tentu pihaknya dari Pemkab HSS akan selalu mendukung segala kegiatan positif yang dilaksanakan.

Seusai kegiatan di Tugu Niih, acara dilanjutkan dengan ramah tamah dan makan malam bersama di Area Bumi Perkemahan Bukit Kantawan.

Disini pula ada sesi pemotongan kue ulang tahun untuk Pj Bupati, turut hadir dalam kegiatan ini para kepala OPD, Camat Loksado, Ketua MUI Kecamatan Loksado dan undangan lainnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024