Panglima Kodam (Pangdam) VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo menyerahkan hasil pelaksanaan program TNI Manunggal Membangunan Desa (TMMD) ke-121, di Desa Gumbil, Kecamatan Telaga Langsat, Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan (Kalsel) kepada Penjabat (Pj) Bupati HSS Endri.

Penyerahan hasil kegiatan TMMD ke-121 diserahkan Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo kepada Pj Bupati HSS dalam rangkaian acara penutupan TMMD ke-121 Kodim 1003/HSS, di di lapangan Lambung Mangkurat, Kandangan.

"Tujuan TMMD kita laksanakan dalam membantu pemerintah daerah guna meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah," kata Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo dalam keterangan, mengutip pers rilis Diskominfo HSS, Jumat.

Dijelaskan dia, akselerasi tersebut baik menyangkut pembangunan infrastruktur dan membuka daerah-daerah terisolir, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta meningkatkan kehidupan berbangsa maupun bernegara.

Baca juga: Pj Bupati HSS: TMMD bantu pemda tingkatkan kesejahteraan masyarakat

TMMD juga diharapkan terpelihara kemanunggalan TNI dengan rakyat yang menjadi hakekat dari kemanunggulan TNI dengan rakyat.

"Dan dalam kesempatan ini kami pun berterima kasih kepada kepada semua pihak yang telah bekerja sama membantu pelaksanaan TMMD ke 121, sehingga berjalan tertib dan lancar sesuai dengan tujuan yang kita harapkan bersama," ucapnya.

Adapun Pj Bupati HSS Endri, juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran TNI yang telah sukses melaksanakan TMMD, yang hasilnya sangat bermanfaat bagi masyarakat, seperti pembangunan akses jalan, air bersih, tempat ibadah, rumah warga dan lainnya.

"Dari keberhasilan pelaksanaan TMMD ke-121 di di Desa Gumbil, baik dari pembangunan fisik maupun non fisik tentunya akan sangat bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Peresmian hasil TMMD ke-121 dirangkai peninjauan secara langsung oleh Pj Bupati HSS bersama Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo, dan Forkopimda HSS di lokasi  TMMD di Desa Gumbil.

Baca juga: DPRD HSS: TMMD ke-121 buka jalan penghubung perbatasan HSS-HST

Dalam kegiatan ini, berbagai rangkaian acara dilaksanakan, termasuk peresmian jalan hasil pembangunan TMMD, penyerahan paket sembako kepada masyarakat, penyerahan bantuan musholla dan pos kamling, serta peninjauan lokasi TMAB (TNI Manunggal Air Bersih).

Peninjauan dimulai dengan melihat langsung hasil pembangunan infrastruktur berupa jalan yang telah selesai dikerjakan oleh TNI dalam program TMMD.

Pj Bupati dan Pangdam VI Mulawarman secara simbolis meresmikan jalan tersebut yang juga menjadi akses penghubung dua desa di perbatasan HSS dan Kabupaten Hulu Sungai Tengah dengan pemotongan pita dan penandatanganan prasasti.

Selain itu, sebagai bagian dari bakti sosial, Pj Bupati dan Pangdam VI menyerahkan bantuan sembako, bantuan musholla, dan bantuan pos kamling kepada warga setempat, dilanjutkan peninjauan lokasi TMAB.

Baca juga: TMMD 121 - Dandim HSS ajak warga Desa Gumbil sukseskan program TMMD

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024