Komandan Kodim (Dandim) 1003/Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan (Kalsel) Letkol Inf Bayu Oktavianto Sudibyo mengajak warga desa bergotong royong menyukseskan seluruh program pembangunan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-121 yang dipusatkan di Desa Gumbil, Kecamatan Telaga Langsat.

“Kami terlebih dahulu menggelar doa bersama dengan masyarakat desa, semoga seluruh sasaran pembangunan lokasi TMMD di wilayah terpencil ini dapat selesai tepat waktu dan sesuai target,” kata Bayu di Kandangan, Hulu Sungai Selatan, Sabtu.

Baca juga: TMMD 121 - Kodim 1003/HSS beri pelayanan kesehatan bagi masyarakat

Dia menyebutkan sebelum program berjalan yang dimulai dengan merenovasi rumah ibadah, Satgas TMMD bersama masyarakat melaksanakan doa bersama dan sholat berjamaah, memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar pelaksanaan TMMD di desa ini berjalan dengan lancar.

“TMMD bertujuan untuk mempercepat pembangunan di wilayah teritorial khususnya daerah terluar dengan harapan bisa membantu proses percepatan pemerataan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Bayu menjelaskan selama satu bulan ke depan, Satgas TMMD mempunyai target sasaran pembangunan mulai dari peningkatan jalan sepanjang 942 meter yang merupakan sasaran utama fisik, dan sasaran fisik tambahan antara lain perbaikan rumah tidak layak huni (RTLH) sebanyak tiga unit, pembangunan poskamling satu unit, renovasi rumah ibadah mulai dari perbaikan hingga tempat wudhu dan lantai, termasuk MCK sebanyak tiga unit.

Baca juga: TMMD 121 - Kodim HSS garap jalan penghubung HSS dan HST

Selain itu, Satgas TMMD juga melaksanakan program unggulan KSAD Jendral TNI Maruli Simanjuntak di antaranya, yakni pembuatan sarana air bersih sumur bor sebanyak tiga titik, ketahanan pangan dan penanaman 1.000 pohon, sedangkan sasaran non fisik berupa penyuluhan untuk meningkatkan wawasan sumber daya manusia serta pelayanan kesehatan gratis.

Sementara itu, Kepala Desa Gumbil Muhammad Rizali mengatakan program TMMD menjadi salah satu harapan bagi warga desa untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

“Kami siap bergotong royong dan bersinergi untuk menyukseskan TMMD ke-121 Kodim 1003/HSS,” ujar Rizali.

Baca juga: TMMD 121 - Kodim 1003/HSS renovasi Langgar Istiqal

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024