Wali Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan Muhammad Aditya Mufti Ariffin meminta peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan RI menjadi momentum bagi seluruh masyarakat dan generasi muda mewujudkan pembangunan.
 
"Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI ini menjadi momentum bagi kita semua mewujudkan pembangunan di berbagai bidang," ujar Aditya usai menjadi inspektur upacara HUT ke-79 RI di Banjarbaru, Sabtu.

Baca juga: Pemkot Banjarbaru siap realisasikan APBD 2025 sebesar Rp1,7 triliun
 
Bagi generasi muda, Aditya menekankan kemerdekaan yang telah diraih selama 79 tahun harus menjadi semangat untuk memacu dan melanjutkan tongkat estafet pembangunan.
 
Disebutkan Aditya, pembangunan yang harus terus dilanjutkan baik pembangunan mental, spiritual bagi peningkatan sumber daya manusia, serta pembangunan fisik untuk kemajuan negara dan bangsa.
 
"Momentum HUT Kemerdekaan RI sudah seharusnya mampu membuat generasi muda lebih bersemangat ikut membangun agar cita-cita para pejuang yang dulu memperjuangkan kemerdekaan diwujudkan," ucapnya.
 
Aditya juga menitipkan pesan bagi generasi muda Banjarbaru agar bisa mempersiapkan diri menghadapi berbagai tantangan dengan cara mempersiapkan kemampuan atas sumber daya yang dimiliki.
 
"Membangun mental dan sumber daya manusia sangat penting agar cita-cita pejuang kemerdekaan bisa dilanjutkan. Generasi muda Kota Banjarbaru tentu harus mampu melakukannya," tegas Aditya.

Baca juga: SKPD Pemkot Banjarbaru borong penghargaan di Harjad ke-74 Kalsel
 
Sementara, pesan Aditya kepada seluruh masyarakat Banjarbaru agar selalu menjaga rasa persatuan dan kesatuan serta membangun budaya gotong royong sebagai wujud atas kontribusi dalam pembangunan.
 
"Tumbuhkan rasa nasionalisme agar mampu merasakan makna dari kemerdekaan dan persiapkan diri agar mampu bersaing dan memiliki daya saing mewujudkan cita-cita menuju Indonesia emas," tuturnya.
 
Upacara peringatan Detik-Detik Proklamasi yang dipusatkan di Lapangan Dr Murdjani depan Balai Kota diikuti Forkopimda Banjarbaru dan anggota DPRD serta pimpinan SKPD Pemkot Banjarbaru.
 
Kegiatan berlangsung khidmat, tertib dan lancar diikuti ASN serta pegawai juga anggota TNI/Polri, pelajar dan mahasiswa hingga semakin semarak diisi pawai budaya, atraksi drumband serta aksi pemadam kebakaran.
 
Usai kegiatan lapangan dilanjutkan ramah tamah dengan veteran dan pejuang yang diisi makan bersama serta pemberian tali asih kepada janda veteran dan mantan pejuang di Aula Gawi Sabarataan.

Baca juga: Wali Kota Banjarbaru komitmen tingkatkan kualitas pelayanan kesehatan

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024