Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (Pemkab HSU), Kalimantan Selatan (Kalsel) menyalurkan sebanyak 186.510 kilogram bantuan beras cadangan pangan pemerintah (CPP) kepada 18.551 keluarga penerima manfaat (KPM) yang tersebar pada 10 kecamatan.

Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) HSU Khairussalim didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) HSU Siti Fikriyah di Desa Teluk Daun, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Rabu, menyerahkan secara simbolis bantuan beras CPP tahap III kepada perwakilan penerima manfaat sebanyak 10 kilogram per KPM.

Baca juga: KPU HSU minta peserta pilkada sesuaikan visi-misi dengan RPJPD

“Bantuan pangan beras ini merupakan program pemerintah pusat untuk membantu kebutuhan masyarakat guna mewujudkan ketahanan pangan di daerah,” kata Kepala DKP HSU Siti Fikriyah usai penyerahan simbolis bantuan pangan kepada KPM.

Dia mengungkapkan sasaran penerima manfaat bantuan ini, berdasarkan data Penasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) dari pemerintah pusat.

“Dari data pemerintah pusat ini, Dinas Ketahanan Pangan bersama Dinas Sosial dan Bappelitbang melakukan verifikasi langsung guna memastikan kesesuaian agar tepat sasaran, dan semua data sudah sesuai,” ujarnya.

Siti mengatakan penyaluran bantuan pangan ini berkolaborasi dengan instansi terkait dan dilakukan secara bertahap pada Agustus, Oktober, dan Desember, ke tiap desa yang tersebar pada 10 kecamatan.

Kepala Desa Teluk Daun Rusdi mengatakan untuk di wilayahnya terdapat sebanyak 29 KPM yang dianggap layak menerima bantuan tersebut.

Baca juga: Inovasi "Properti" dari Puskesmas Sungai Turak diharapkan tekan stunting

Menurut dia, bantuan ini sangat bermanfaat bagi yang membutuhkan mengingat kebutuhan pokok rumah tangga terus mengalami peningkatan, utamanya untuk menekan angka kemiskinan ekstrem.

“Masyarakat sangat terbantu, apalagi saat ini di Desa Teluk Daun belum panen karena masih musim tanam,” ujar Rusdi.

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024