Pelaihari, (Antaranews Kalsel) - Bupati Tanh Laut, Kalimantan Selatan H Bambang Alamsyah menegaskan, memasuki Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) keempat, Pemkab Tanah Laut sangat fokus untuk mengembangkan sektor kepariwisatan didaerahnya.
     

"Kita melihat kenyatan yang sedang terjadi di Tanah Laut, kunjungan wisata terus mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya," ujar Bupati Tanah Laut H Bambang Alamsyah, di Pelaihari, Kamis (5/1).
    
Menurut dia, saat ini kunjungan wisatawan ke Tanah Laut tidak hanya hari libur tahunan saja, namun hampir setiap bulan tempat-tempat wisata terus dikunjungi wisatawan dari Kalsel maupun Kalteng.
     
Kenyataan yang terjadi saat ini, sebut dia, harus disikapi dinas terkait untuk meningkatkan pariwisata di Tanah Lau.
     
Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Tanah Laut H Ahmad Hairin mengatakan, pihaknya terus melakukan pembenahan objek-objek wisata yang menjadi tujuan wisatawan di Tanah Laut.
     
Pembenahan itu, ucap di, termasuk fasilitas pendukung untuk kenyamanan wisatawan saat berkunjung," terangnya.
     
Sementara, General Manager PT AP I Bandara Syamsudin Noor, Handy Heryudhitiawan mengungkapkan, salah satu upaya untuk mendongkrak kenaikkan penumpang adalah bekerja sama dengan pihak terkait seperti Asita dan PHRI sehingga bisa meningkatkan kunjungan wisatawan.
    
Dijelaskannya, pihaknya sudah berdiskusi dengan Asita dan PHRI dan mereka merespon positif, bahkan  siap bersama-sama mendongkrak jumlah penumpang melalui paket wisata yang ditawarkan.
    
Ditambahkan, seiring pengembangan Bandara Syamsudin Noor yang di mulai akhir 2016 sehingga fasilitas bandara semakin baik dan lengkap diharapkan penumpang semakin meningkat.
    
"Target kami, jumlah penumpang menembus angka 10 juta per tahun pada 2020 yang diharapkan berasal dari sektor pariwisata sebesar 20 persen ditambah sektor lain," demikian tegasnya.

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017