Banjarbaru (Antaranews Kalsel) - Wakil Gubernur Kalimantan Selatan H Rudy Resnawan mengingatkan pelayanan Kementerian Agama provinsi setempat masih bertanda "kuning", hingga harus ditingkatkan.


"Dari laporan Ombudsman, nilai pelayanan di Kemenag masih diberi warna "kuning", artinya masih belum maksimal, harus ditingkatkan supaya menjadi " hijau"," ujarnya saat memimpin apel Hari Amal Bakti (HAB) ke-71 di Asrama Haji Banjarmasin, Banjarbaru, Selasa.

Rudy Resnawan menyatakan, nilai "kuning" dari lembaga Ombudsman ini harus menjadi evaluasi bagi Kemenag untuk memperbaiki pelayanan di semua sisi, sebab yang dinilai tidak hanya tentang pelayanan penyelenggaraan haji.

"Kalau pelayanan haji dinilai turus mengalami peningkatan, tapi pelayanan lain dinilai belum signifikan," ucapnya.

Rudy Resnawan mengharapkan, pelayanan Kemenag yang mencakup hingga memiliki unit kesemua pelosok harus bejalan sinergi dan memuaskan masyarakat.

Menurut dia, peningkatan yang maksimal mulai tingkat bawah menjadi hal yang penting dilakukan, utamanya pelayanan dibidang haji.

"Apalagi sekarang gedung asrama haji baru sudah sangat megah, harus bermanfaat betul bagi penyelenggaraan haji daerah kita," paparnya.

Dia pun meminta, ada tempat pelayanan haji terpadu di gedung baru asrama haji tersebut, hingga calon jamaah haji mendapatkan perhatian lebih.

"Banyak lagi pelayanan-pelayanan yang harus ditingkatkan, bisa bersinergi dengan pemerintah daerah untuk meningkatkan kemaksimalannya," papar Rudy Resnawan.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Kalsel H Muhammad Fahmi menyatakan, moment memperingatan HAB ke-71 ini memang sebagai langkah untuk meningkatkan pelayanan.

Sebab, kata dia, sesuai temanya acara yang merupakan peringatan HUT Kemenag tersebut "Kemenag hadir lebih dekat melayani umat" akan kometmen dilaksanakan.

"Tidak hanya masalah haji, tapi juga sampai ke Kantor Urusan Agama (KUA) di kecamatan harus berinovasi memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat," tegasnya.

Fahmi menyatakan, KUA yang tersebar di 13 kabupaten/kota harus benar-benar bekerja ikhlas dengan masyarakat, dan memuaskan pastinya.

"Nilai Ombudsman bagi instansi kita merupakan " cambuk" untuk kami memperbaiki sistem pelayanan yang baik, kami pastinya menerima segala kritikan yang membangun," ujarnya.

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017