Ustadz Haji Aspani Anshari mengajak kaum Muslim perbanyak amal ibadah mengongsong hari-hari kematian, dalam tausiyahnya di Masjid Al Falah Komplek Bumi Pemurus Permai Banjarmasin Selatan, sesudah Shalat Subuh Arba (Rabu).

"Untuk memperbanyak amal ibadah yang relatif mudah atau praktis melaksanakan yaitu shalat-shalat sunat," ujar alumnus Universitas Al Azhar Kairo Mesir bergelar "Lc" tersebut 

Dengan mengutip Hadits Rasulullah Muhammad Saw, pendiri/pengasuh salah satu pesantren di Kelurahan Pemurus Dalam Banjarmasin tersebut, bahwa dengan memperbanyak sujud akan bersama Rasulullah di surga kelak.

Ustadz Aspani mengatakan, memperbanyak sujud tersebut berarti melakukan shalat sunat sebanyak mungkin atau minimal memelihara shalat sunat rawatib 10 rakaat dan bisa juga 12 rakaat.

"Shalat rawatib sepuluh rakaat tersebut dua rakaat sebelum Shalat Dzuhur dan Subuh (Shalat sunat Fajar), kemudian sesudah Shalat Dzuhur, Maghrib dan Shalat Isya. Sedangkan kalau 12 rakaat, sebelum Dzuhur empat rakaat," jelas Ustadz Aspani.

Ia menambahkan, sebagaimana Hadits Rasulullah Saw dengan melakukan shalat Sunat Rawatib 10 atau 12 rakaat secara rutin, orang tersebut akan Allah bangunkan rumah/istana di surga.

Oleh sebab itu, sangat beruntung orang yang bisa melaksanakan Shalat Rawatib secara rutin, tanpa meninggalkan shalat wajib (fardhu). Apalagi melakukan shalat sunat-sunat lainnya, tamah Ustadz Aspani.

Ustadz H Aspani Anshari saat tausiyah di Masjid Al Falah Komplek Bumi Pemurus Permai Banjarmasin Selatan, sesudah Shalat Subuh Arba (7/8/2024). (ANTARA/Syamsuddin Hasan)

Pada kesempatan itu pula Ustadz Aspani mengoreksi masjid-masjid yang seakan tidak memberikan pelayanan kepada ummat selama 24 jam atau dengan WC terkunci.

Begitu juga seseorang yang menjadi pengurus masjid atau tempat ibadah jangan cuma menyuruh orang untuk menyumbang, demikian Ustadz H Aspani Anshari.


 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024