Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan (Kanwil Kemenkumham Kalsel) menggelar acara Legal Expo Kemenkumham Kalsel 2024 di Atrium Duta Mall Banjarmasin dengan memamerkan produk warga binaan pemasyarakatan.

"Produk-produk kreatif yang dihasilkan oleh warga binaan pemasyarakatan bisa lihat sekaligus dibeli masyarakat jika berminat," kata Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel Taufiqurrakhman di Banjarmasin, Sabtu.

Dia berharap produk yang dihasilkan warga binaan selama menjalani pembinaan di lapas ataupun rutan dapat diterima oleh masyarakat luas sehingga turut membantu  peningkatan ekonomi para narapidana.

"Apa yang dihasilkan warga binaan merupakan wujud keberhasilan program kemandirian di lapas," jelasnya.

Di sisi lain, Taufiqurrakhman menyebut pameran dalam rangka memperingati Hari Pengayoman ke-79 itu juga bertujuan mendekatkan layanan hukum kepada masyarakat melalui beragam layanan Kemenkumham.

Masyarakat yang datang bisa menikmati layanan seperti paspor oleh Kantor Imigrasi, pendaftaran kekayaan intelektual hingga administrasi hukum umum.

Hal itu merupakan bentuk komitmen Kemenkumham untuk memberikan pelayanan publik yang mudah dan cepat.

"Acara ini sangat penting untuk meningkatkan kesadaran hukum masyarakat dan memberikan akses yang lebih luas terhadap layanan hukum," ujar Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Kalimantan Selatan Agus Dian Nur yang hadir mewakili Gubernur Kalsel Sahbirin Noor.
Layanan Imigrasi bisa dinikmati masyarakat di Legal Expo Kemenkumham Kalsel 2024. (ANTARA/Firman)

Pewarta: Firman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024