Batulicin, (Antaranewskalsel) - Kepolisian Resort Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, melepas 190 personel dari TNI, Polri, Linmas dan Satpol PP untuk memantau dan mangamankan lingkungan selama Natal dan Tahun Baru di beberapa titik yang padat lalu lintas dan rawan kriminal.

Kapolres Tanah Bumbu Ajun Komisaris Besar Polisi Kus Subiyantoro, di Batulicin, Rabu, mengatakan sebanyak 190 personel tersebut terdiri dari Polri 70 orang, TNI 25 orang, Satpol, PP 10 orang, Linmas lima orang, Dinas Kesehatan delapan orang, pramuka 20 orang, senkom 10, orari empat, organda empat, pelindo empat, Dishub 10, ASDP empat, Basarnas dua, Damkar enam, PLN dua, PMI dua, dan jasa Raharja dua orang.

"Seluruh personel yang terlibat sebelum diterjunkan ke lapangan meraka melakukan apel Operasi lilin terpusat terlebih dahulu untuk mengecek kesiapan peralatan maupun mobilisasi yang digunakan selama bertugas," katanya.


Ia mengatakan, seluruh personel akan bekerja sesuai dengan tugas pokok masing-masing, dan mereka akan tersebar di empat titik yang paling rawan dan paling padan lalulintas selama sepuluh hari terhitung mulai 23 Desember 2016 hingga 2 Januari 2017.

Perayaan Natal dan tahun baru merupakan momentum libur bagi sebagian besar kalangan masyarakat di Indonesia, oleh karena itu diprediksi akan terjadi mobilisasi masyarakat dari satu tempat ke tempat lain, serta munculnya titik konsentrasi masyarakat ditempat tertentu seperti tempat wisata, pusat perbelanjaan, pelabuhan, bandar udara, terminal, dan tempat-tempat lainya.

Menurutnya, peningkatan aktifitas masyarakat ini harus diantisipasi dengan baik oleh aparat keamanan. Untuk itu Polri menggelar operasi lilin 2016.

Operasi ini dilakukan dengan mengedepankan tindakan preventif atau mencegah dan prementif atau menghimbau yang didukung dengan tindakan deteksi dini untuk menjaga Kamtibmas.

Dalam operasi lilin 2016 didirikan Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan untuk memberikan pengamanan Kamtibmas.

"Diharapkan kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar. Dan masyarakat dapat merasakan dari dampak pelayanan yang diberikan," ujarnya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016