Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan Sembilan wilayah di Kalimantan Selatan berpotensi diguyur hujan dengan intensitas ringan pada Selasa.

Situs BMKG menyebutkan hujan ringan terjadi pada Sore hari di sekitaran pukul 17:00 WITA, di wilayah Kabupaten Banjar, Barito Kuala, Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah,Hulu Sungai Utara, Balangan, Tanah Bumbu dan Kotabaru.

Sedangkan, secara umum BMKG memprakirakan cuaca pada Selasa (2/8) di seluruh wilayah di Kalimantan Selatan, cerah berawan.

Berikut link prakiraan cuaca dari situs BMKG:

https://stamet-syamsudinnoor.bmkg.go.id
https://cuaca.bmkg.go.id/

Kendati cuaca cerah berawan, banjir pesisir (rob) berpotensi terjadi di perairan Kalimantan Selatan, pada tanggal 02 – 07 Agustus 2024. Hal itu berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut dari PUSHIDROS TNI AL.

Menurut BMKG, Banjir rob itu dipengaruhi Adanya fase bulan purnama yang berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum.

Masyarakat pesisir pantai diimbau agar selalu waspada untuk mengantisipasi dampak pasang maksimum yang berpotensi terjadi di wilayah Perairan Muara Sungai Barito pada pukul 06.00-11.00 WITA dengan ketinggian Maksimun mencapai 2.6 meter.

Wilayah berpotensi terdampak rob antara lain, daerah Pesisir Perairan Barito Kuala, Banjar, Banjarmasin, dan Tanah Laut.
 

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024