Batulicin, (Antaranews Kalsel) - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, mensiagakan tujuh unit kapal penyeberangan dengan rute Batulicin-Kotabaru atau sebaliknya untuk berlibur di akhir tahun.

"Pengoperasian tujuh kapal tersebut yakni milik ASDP tiga Unit, PT Jembatan Nusantara tiga Unit dan PT Darma Lautan Utama satu unit," kata Kepala PT ASDP Cabang Batulicin Daniel, di Batulicin, Rabu.

Dikatakan, pengoperasian tujuh unit kapal tersebut untuk mengantisipasi membludaknya penumpang untuk berlibur tahun baru dari arah Batulicin ke Kotabaru maupun sebaliknya.

Kapasitas penumpang dari empat unit feri yang dioperasikan mencapai 800 unit kendaraan roda dua, dan sekitar 300 unit mobil atau roda empat.

"Jumlah tersebut sudah termasuk penumpang dari arah Batulicin dan dari arah Tanjung Serdang, Kotabaru," ujarnya.

Dia memperkirakan, terjadi lonjakan penumpang dari Pelabuhan Batulicin maupun Tanjung Serdang pada H-1 menjelang Natal dan tahun baru.

Saat ini jumlah penumpang sudah mulai ada lonjakan sekitar 5-10 persen dari jumlah penumpang normal yang mencapai 600 penumpang per hari.

"Kenaikan jumlah penumpang hingga 10 persen tersebut masih relatif normal, artinya masih bisa terlayani hanya dengan mengoperasikan empat unit kapal," katanya.

Saat ini ASDP mengoperasikan empat unit dari tujuh unit kapal yang disiagakan, dan apabila nanti ada lonjakan penumpang secara signifikan baru di terapkan dengan pola lima banding dua, lima beroperasi dua siaga. Dan apa bila masih terjadi lonjakan hingga mengakibatkan antrian panjang maka seluruh kapal akan dioperasikan.

"Selain itu, untuk menunjang kenyamanan bagi para pengguna jasa, pihak ASDP juga menyediakan pos pelayanan untuk beristirahat bila ada para pemudik kelelahan saat perjalanan jauh," katanya. 

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016