Pemerintah Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan sama sekali tidak memiliki marka jalan berupa Zona Selamat Sekolah (ZoSS) padahal keberadaan ZoSS sangat penting bagi keselamatan siswa ketika menyeberang jalan.

“Kami sangat khawatir dengan tidak adanya marka ZoSS ini di sekolah anak kami, apalagi sekolah anak kami berada tepat di jalan Ahmad Yani,” kata Ferian Pasya salah satu orang tua siswa kepada ANTARA, Rabu.

Baca juga: Perbaikan jalan menuju Pasar Kemakmuran Kotabaru rampung

Menurut Ferian keberadaan marka ZoSS ini sangatlah penting untuk anak-anak menyeberang jalan baik mau ke sekolah ataupun pulang sekolah, serta dapat memberitahu pengguna jalan untuk pelan-pelan dalam berkendara.

Ferian menambahkan semoga pemerintah dalam hal ini dinas terkait dapat segera membuat marka ZoSS seperti sekolah-sekolah lainnya pada kabupaten lain.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Balangan Musa Abdullah saat dikonfirmasi awak media, mengungkapkan pembuatan marka ZoSS akan dilaksanakan setelah tahap perbaikan dan pelebaran jalan Ahmad Yani selesai.

"Saat ini jalan Ahmad Yani masih dalam tahap perbaikan dan pelebaran, kami sudah memiliki data terkait lokasi dan spesifikasi marka jalan yang akan dipasang setelah pekerjaan jalan selesai," ungkap Musa.

Baca juga: Polresta dan Trio Motor giatkan penyuluhan di jalan raya untuk kesehatan

Musa menuturkan bahwa program ini tidak hanya terbatas pada jalan Ahmad Yani, tetapi juga akan meliputi jalan-jalan desa di sekitarnya setelah pemasangan marka jalan di jalan Ahmad Yani selesai dilakukan.

Kadishub Balangan berharap pembuatan marka jalan dapat meningkatkan keamanan bagi pengguna jalan, khususnya para pelajar yang sering melewati zona sekolah.
 
Kadishub Balangan Musa Abdullah saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (30/7/2024). ANTARA/ragil darmawan

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024