Polresta Kota Banjarmasin dan perusahaan otomotif, Trio Motor untuk wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah giatkan penyuluhan di jalan raya untuk kesehatan berkendara.
 
"Beragam ilmu teknik berkendara harus dikuasai para pengendara untuk mengurangi potensi bahaya bagi pengendara maupun sekelilingnya," ujar PIC Safety Riding PT Trio Motor Yoga Prabowo di Banjarmasin, Kamis.
 
Pasalnya, berkendara dengan sepeda motor di jalan raya butuh skill yang baik agar aman untuk semua orang, baik pengendara ataupun pengguna jalan. 
 
Teknik dasar sangat perlu untuk terus disosialisasikan timnya dibantu kepolisian di satuan lalu lintas bagi pengguna sepeda motor, baik pemula hingga pengendara yang sudah mahir.
 
Adapun pengetahuan dasar yang perlu dipelajari adalah mengetahui beragam fitur-fitur sepeda motor yang berhubungan dengan keselamatan berkendara, seperti sistem pengereman, instrumen lampu, kaca spion serta lainnya.
 
Dengan memahami beragam fitur ini sangatlah penting, khususnya bagi pemula ataupun para pengendara baru untuk mengurangi potensi bahaya saat berkendara bagi diri sendiri ataupun orang lain.
 
Selain itu tim juga mengedukasi masyarakat lewat perbaikan atribut safety riding yang kurang maksimal, seperti helm yang lupa di klik, atau postur berkendara yang kurang baik.
 
"Tidak hanya atributnya saja, namun perlu juga diperhatikan beberapa teknik berkendara lainnya seperti postur tubuh yang tepat, teknik menghadapi berbagai situasi jalan raya, dan mengenal rambu-rambu lalu lintas,” ujar Yoga .
 
Kemampuan berkendara yang aman perlu diasah secara rutin sehingga memudahkan dalam mengambil keputusan saat menghadapi berbagai situasi di jalan raya. 
 
Salah satu pengendara yang mendapatkan sosialisasi Lely Simanjuntak mengaku terbantu dengan adanya penyuluhan ini.
 
"Saya sebenarnya selama ini sudah merasa tertib ya. Tapi memang ada saja yang sebenarnya terlewatkan karena saya buru-buru seperti lupa mengancing helm atau sesederhana menggunakan perlengkapan berkendara yang lengkap," ungkapnya.
 
Dengan Kampanye #Cari_Aman yang terus menerus di gaungkan, PT Trio Motor, dealer resmi Honda ingin memberikan bukti nyata atas kepedulian terhadap ketertiban pengendara saat berlalu lintas.
 
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022