Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor atau Paman Birin mendapatkan penghargaan berupa gelar kehormatan sebagai Bapak Pembangunan Desa.
 
Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kalsel, Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABPDSI) Kalsel dan Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kalsel menyematkan gelar tersebut di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin, Selasa.

Baca juga: Gubernur Sahbirin undang Gibran pada pembukaan Porwanas di Kalsel
 
Paman Birin menerima gelar kehormatan itu saat melaksanakan silaturahmi dengan pemerintah desa di Kalsel untuk mewujudkan pemilihan kepala daerah (Pilkada) berjalan aman, damai dan gembira.
 
Gubernur Kalsel mengaku merasa sangat terhormat atas penghargaan yang diberikan kepadanya dan sebagai motivasi untuk terus membangun desa maju di provinsi ini.
 
Tentunya, kata dia, gelar ini tidak lepas dari kinerja seluruh perangkat desa, termasuk Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Kalsel dalam membangun desa.
 
Provinsi Kalsel memiliki 1.871 desa pada 154 kecamatan yang tersebar di 11 kabupaten.
 
Dari jumlah itu, sejak kepemimpinan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor hingga di akhir dua periode, sebanyak 844 desa sudah berstatus desa maju, 808 desa dalam fase desa mandiri dan 219 desa dengan status desa berkembang.

Baca juga: Paman Birin lantik dan kukuhkan IKA Asoka periode 2024-2029
 
"Kita sudah membuktikan tidak ada lagi desa tertinggal di Kalsel dan tercapai dua tahun lebih cepat dari target rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) provinsi," ujarnya.
 
Dia pun menyampaikan keberhasilan semua ini berkat sinergi, kolaborasi dan kerjasama semua, sehingga prestasi ini sangat membanggakan dalam mensejahterakan masyarakat desa.

Selain itu, Paman Birin menyebutkan akan ada pesta demokrasi yang besar atau pilkada serentak 2024 di Kalsel pada 13 kabupaten/kota dan tingkat provinsi.
 
Gubernur Kalsel pun menginstruksikan seluruh pemerintahan desa dapat mendorong masyarakat untuk lebih sadar akan hak dan kewajiban sebagai pemilih.

Baca juga: Gubernur Kalsel minta REI Expo 2024 penuhi hunian terjangkau
 
"Kita buktikan bahwa Kalsel selalu sukses dalam melaksanakan setiap pesta demokrasi dan sekaligus bisa melahirkan pemimpin yang mampu menghadirkan kemajuan dan kesejahteraan bagi masyarakat," katanya.

Paman Birin pun mengingatkan agar pemerintahan desa bisa mengajak masyarakat menjaga pilkada yang gembira, termasuk menciptakan, memelihara dan memantapkan stabilitas di desa yang dinamis.
 
"Kita ingin masyarakat datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) itu memberikan hak pilihnya dengan penuh keikhlasan, kesadaran dan kebahagiaan," katanya.
 
Ketua APDESI Provinsi Kalsel, Ahmad Rijali Nasution akan mengajak masyarakat dalam mewujudkan pilkada yang gembira karena pemerintahan desa memiliki peran yang sangat penting dan strategis bagi kemajuan bangsa.
 
“Sebagai unit organisasi pemerintah yang berhadapan langsung dengan masyarakat maka kemandirian desa menjadi salah satu syarat bagi bangsa ini untuk maju,” kata Rijali.

Baca juga: Gubernur Kalsel dukung kemeriahan menyongsong Hari Pengayoman ke-79

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024