Amuntai, (Antaranews.Kalsel) - Rektor Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin Kalimantan Selatan, Mustatul Anwar mengakui jika ijazah yang dikeluarkan lembaga pendidikan tinggi swasta ini pernah dipalsukan karena besarnya kepercayaan dunia kerja terhadap kualitas alumi Uniska.


"Kepercayaan dunia kerja cukup tinggi terhadap lulusan Uniska sehingga pernah ijazah Uniska dipalsukan pihak pelamar kerja, untungnya pihak instansi yang dituju pihak pelamar kerja melakukan klarifikasi kepada pihak Uniska Banjarmasin," ujar Mustatul pekan lalu di Amuntai.

Mustatul mengatakan, setelah ijazah palsu diperiksa ternyata memang berbeda tanda tangan pihak rektor, termasuk ijin Dikti yang dicantumkan dilembar Ijazah Palsu. Ia berharap peristiwa ijazah palsu ini tidak berdampak terhadap penerimaan dunia kerja terhadap para alumni Uniska dan berharap instansi yang menerima alumni Uniska untuk bekerja untuk mengklarifikasi keaslian ijazah kepada institusi Uniska Banjarmasin.

Dikatakan, Uniska Banjarmasin sebagai lembaga pendidikan tinggi swasta pertama di Kalimantan Selatan sejak 2015 sudah mengantongi akreditasi B sehingga kualitas hampir sama dengan Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) Banjarmasin yang bersatus negeri.

"Kita juga sudah mengupayakan agar semua dosen bisa melanjutkan pendidikan meraih gelar doktor atau S3 karena wacana hingga 2020 mewajibkan dosen menyandang gelar doktor," katanya.

Mustatul mengakui peran para alumni dalam membesarkan Uniska sangat besar, sehingga pihak yayasan berencana membentuk Ikatan Alumni Uniska di semua kabupaten/kota di Kalimantan.

Para Alumni Uniska yang sekarang tersebar bekerja diberbagai instansi pemerintah dan swasta yang tergabung dalam Ikatan Alumni Uniska selain berperan mempromosikan Uniska juga diharapkan memberi masukan bagi pengembangan Uniska.

Sementara Ketua Ikatan Alumni pusat Uniska Banjarmasin, Maskur berharap Pemilihan Rektor Uniska yang baru pada April 2017 bisa semakin membesarkan Uniska sehingga tidak saja diminati masyarakat Kalimantan melainkan hingga keluar Kalimantan.

Asistem II Setda Hulu Sungai Utara (HSU), Akhmad Rifaniansyah saat menyampaikan sambutan Bupati pada pelantikan pengurus daerah Ikatan Alumni Uniska Kabupaten HSU berharap peran para alumni perguruan tinggi untuk mendukung program pembangunan yang dilaksanakan Pemerintah Daerah, termasuk memberikan masukan dan saran terhadap berbagai kebijakan pembangunan.



Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Eddy Abdillah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016