Banjarmasin,  - (AntaranewsKalsel) - Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor yang akrab disapa Paman Birin berpendapat, tanpa pers dunia akan terasa hambar dan bisa terlihat sepi.

Orang nomor satu di jajaran pemerintah provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) tersebut mengemukakan pendapatnya pada pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) tahun 2016 di Banjarmasin, Sabtu.

Oleh sebab itu, menurut dia, pers atau wartawan mempunyai peranan penting meramaikan kehidupan dalam pengertian positif, seperti menggelorakan semangat berjuang untuk mewujudkan cita-cita Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

"Seandainya para pendahulu - pejuangan kemerdekaan kita masih hidup, mungkin mereka akan menangis. Karena negeri dan bangsanya belum betul-betul merdeka dari kemiskinan, kebodohan dan keterbelakangan," ujarnya.

"Karena itu pula, menjadi tanggung jawab dan kewajiban kita bersama (termasuk insan pers) untuk terus berjuang mewujudkan cita-cita Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 71 tahun lalu," ajaknya.

Untuk mengelorakan semangat perjuangan generasi kini dan mendatang, khususnya di provinsi yang terdiri atas 13 kabupaten/kota ini, Gubernur Paman Birin membuat slogan "Bergerak" yaitu singkatan dari kata-kata berjuang gelorakan rakyat.

Kemudian slogan tersebut dia buat lirik-lirik lagu dengan irama seperti bagian dari Lagu Maju Tak Gentar. Lirik-lirik lagu gubahan Paman Birin itu ; bergerak bergerak, berjuang berjuang, berjuang menang.

Pada pembukaan Rakernas SIWO-PWI dengan pesertanya dari beberapa provinsi di Indonesia itu, Paman Birin mengajak bersama-sama melantunkan lagu gubahannya tersebut.

Memberikan sambutan Ketua Umum Pengurus Pusat PWI diwakili Bendahara Umumnya Ikhsan, serta Ketua SIWO-PWI Pusat Raja Parlindungan Pane yang mengharapkan, antara lain Rakernas SIWO-PWI menghasilkan keputusan yang strategis, terutama dalam upaya pembinaan keolahragaan wartawan.

Ketua PWI Kalsel Fathurrahman mengatakan, berdasarkan informasi sebanyak 32 dari 34 provinsi di Indonesia mau hadir dalam Rakernas SIWO-PWI 2016 yang berlangsung di Hotel Mentari Banjarmasin, namun yang hadir saat pembukaan baru 22 provinsi.

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016