Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalsel, dinilai sebagai salah satu Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang kreatif memanfaatkan momen kegiatan turun ke desa (Turdes).

Pada keterangan tertulis BPBD Kalsel, yang diterima di Banjarmasin, Selasa, Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor atau biasa disapa Paman Birin, menyampaikan hasil pengamatannya terhadap kinerja BPBD Kalsel, yang aktif dan kreatif dalam memanfaatkan kegiatan turdes yang diikuti sekitar 750 orang peserta.

Menurut Paman Birin, kreatifitas instansi di bawah kepemimpinan Raden Suria Fadliansyah itu bisa dilihat dari sosialisasi pencegahan dan penanggulangan bencana melalui program Komunikasi Informasi Edukasi (KIE).

Paman Birin menyebut, contoh kreatif sederhana namun berkesan, antara lain memasang informasi mobile mitigasi bencana berupa neon box pada bagian belakang motor.

Demikian pula operasional mobil satelit komunikasi pada titik - titik pertemuan dengan masyarakat di samping sajian cepat pemberitaan terkait mitigasi bencana.

Beragam apresiasi dan harapan disampaikan masyarakat secara langsung saat bertemu Gubernur Paman Birin.

Harapan itu berupa usulan perbaikan ruas jalan desa, bantuan perbaikan masjid, mushala serta aspirasi peningkatan pelayanan publik.

Beragam aspirasi dan apresiasi masyarakat tersebut disikapi bijaksana oleh Paman Birin, yang menjadi catatan kesan mendalam dari kegiatan turdes.

"Pertama atas nama gubernur dan pribadi saya sangat berterima kasih kepada segenap komponen masyarakat atas sambutan luar biasa saat menyambut rombongan kami," kenang Paman Birin.

Demikian pula kepada seluruh peserta turdes  juga sangat luar biasa atas kebersamaan mengikuti kegiatan turdes hingga selesai.

Hal serupa juga diutarakan Ketua TP PKK Provinsi Kalsel Hj Raudatul Jannah atau biasa disapa Acil Odah menurutnya penampilan tim BPBD mulai acara pembukaan sudah terlihat mengesankan.

"Keren dan menarik," tutur Acil Odah saat melihat secara dekat motor Tim BPBD Kalsel sebelum start turdes.
Tim BPBD Kalsel pada momen kegiatan turun ke desa (Turdes) ke-10 yang berlangsung mulai tanggal 1-6 Juli 2024 (ANTARA/ HO BPBD Kalsel)

Kegiatan turun ke desa (Turdes), menjemput aspirasi rakyat  dipimpin langsung oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor didampingi  Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan, Raudautul Jannah.

Turdes ke-10 tersebut berlangsung selama Enam hari, dari tanggal 1-6 Juli 2024, dengan rute melintasi 12 Kabupaten/Kota di Kalimantan Selatan.

Start mulai dari Kantor Gubernur Kalsel Banjarbaru, Tanah Laut, Kota baru, Tanah Bumbu, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Balangan, Tabalong, Hulu Sungai Utara, Tapin, Batola, dan berakhir di  Kabupaten Banjar.

Catatan kenangan dan apresiasi sampai hari ini terus melekat di hati masyarakat dan peserta.

Kegiatan penuh makna kebersamaan tersebut terbukti berhasil merekatkan silaturahmi antara kepala daerah, Forkopimda, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), masyarakat.dan pemangku kepentingan lainnya.

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024