Marabahan,  (Antaranews Kalsel) - Kepolisian Resor Barito Kuala, Kalimantan Selatan, meluncurkan aplikasi sistem pelayanan informasi terpadu dan akurat (Sipintar), di Aula Mapolres Batola.

"Aplikasi Sipintar bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam kepengurusan SIM, SKCK, SP2HP, Surat Bebas Narkoba, Pengaduan Masyarakat, dan Informasi Kepolisian," ujar Kapolres Barito Kuala AKBP Syahril Sahardi, di Marabahan, Kamis.

Menurut dia, dengan adanya splikasi sipintar ini masyarakat bisa melakukan pengisian formulir terhadap enam fitur ini melalui online.

Dijelaskannya, dengan adanya UU No 2/2002, Polri mengemban fungsi Harkamtibmas sebagai pelindung, pengayom, pelayanan masyarakat dan penegak hukum harus selalu mengemban kesatuan dalam mewujudkan tujuan organisasi.

Telah banyak upaya yang dilakukan Polri di tengah masyarakat, sebut dia, seperti pengamanan, pengaturan, patroli termasuk berupa pelayanan berbasis teknologi informasi untuk memberikan pelayanan publik yang terbaik, cepat dan modern.

Menjawab tuntutan tersebut, ucap kapolres, Polres Batola menciptakan inovasi kreatif yaitu Aplikasi Sipintar.

Aplikasi tersebut, terangnya, dapat diunduh di playstore android dengan kata kunci "sipintar" atau bisa diakses melalui wibsite Si-Pintar.Com.

Saat ini, kata kapolres, baru disediakan untuk pengguna android, sedangkan untuk IOS atau Apple akan diupayakan di kesempatan mendatang.

Kapolres berharap, dengan diluncurkannya aplikasi tersebut semakin memudahkan pelayanan bagi masyarakat.

Terpisah, Wakil Bupati Batola H Ma' mun Kaderi mengatakan, aplikasi Sipintar upaya Polres Batola menyesuaikan tuntutan kemajuan teknologi informasi, untuk memenuhi kebutuhan sekaligus memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mencari berbagai informasi berkenaan pelayanan Polres Batola.

Wabup sangat mengapresiasi terhadap upaya yang dilakukan Kapolres Batola beserta jajaran dengan harapan semakin meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Harapan saya semoga keberadaan Sipintar ini mampu dimanfaatkan dengan baik oleh seluruh masyarakat, demikian tegasnya.

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016