Jamaah haji Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan yang wafat bertambah seorang sehingga total jumlah sementara mencapai sepuluh orang pada musim haji 2024.
 
"Kabar duka jamaah haji embarkasi satu lagi wafat asal dari Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah," ujar Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banjarmasin H Muhammad Tambrin di Banjarbaru, Minggu.

Baca juga: Jamaah haji Kloter 10 dari HSU, Banjarmasin dan Banjar tiba di Kalsel
 
Menurut dia, jamaah haji ke-10 yang wafat tersebut bernama Rusliyanah Maan Tabri berusia 59 tahun saat dirawat di RS King Fahad, Madinah Arab Saudi pada Sabtu (6/7).
 
"Kami mengucapkan dukacita yang dalam, beliau syuhada haji, moga amal ibadahnya diterima, sama halnya syuhada haji lainnya, keluarga yang ditinggalkan bisa tabah," tuturnya.
 
Saat ini, proses kedatangan jamaah haji Embarkasi Banjarmasin sudah sebanyak 11 Kloter atau 3.516 orang dari tanah suci.
 
"Hari Minggu ini, Kloter 11 jamaah haji asal Kabupaten Tanah Laut dan Kabupaten Banjar tiba di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin," ujarnya.

Baca juga: Kloter 09 Embarkasi Banjarmasin asal Tabalong tiba di Indonesia
 
Kini, tinggal delapan Kloter Embarkasi Banjarmasin yang masih di Arab Saudi, kepulangan jamaah haji Embarkasi Banjarmasin hingga 22 Juli 2024.
 
Pada 2024, Embarkasi Banjarmasin memberangkatkan sebanyak 5.759 orang ditambah 94 petugas haji dan kesehatan tergabung 19 kloter dari Provinsi Kalsel dan Kalteng.
 
Rincian jamaah tersebut mencapai 4.071 orang jamaah haji pada 14 kloter dari Kalsel dan 1.688 orang jamaah haji pada lima Kloter dari Kalteng.
 
Adapun panitia penyelenggara menyajikan menu Soto Banjar bagi jamaah haji yang tiba di Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin, Kota Banjarbaru.
 
"Kami mohon maaf apabila dalam pelayanan selama Embarkasi dan Debarkasi Banjarmasin terdapat kekurangan, moga semua jamaah haji menjadi haji yang mabrur," ujarnya.

Baca juga: Lima kloter haji Embarkasi Banjarmasin sudah tiba di Indonesia

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024