Amuntai, (Antaranews.Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan membantu pengembangan lahan di Kecamatan Paminggir yang akan dijadikan alkah atau tanah pemakaman umum, karena wilayah kecamatan Paminggir yang berada di perairan rawa sangat membutuhkan lahan untuk pemakaman umum.

Camat Paminggir, Hanafi di Amuntai, Senin mengatakan, melalui dana desa sudah dibeli tanah di Desa Ambahai tinggal pengurukan tanah yang diharapkan berasal dari bantauan pemerintah daerah melalui APBD.

"Tanah pemakaman sudah dibeli melalui dana desa sebesar Rp100 juta namun masih perlu pengurukan tanah untuk lebih ditinggikan karena apabila tiba musim air pasang, sebagian besar lahan di wilayah ini terendam air," ujar Hanafi.

Hanafi mengatakan, kebutuhan akan tanah pemakaman umum di wilayah Kecamatan Paminggir cukup krusial meski warga biasa memakamkan jenazah sanak kerabatnya di dekat pemukiman masing-masing, tapi dengan tersedianya pemakaman umum tentu membantu meringankan beban masyarakat.

Hanafi mengatakan, warga sudah menyampaikan aspirasi untuk pengembangan tanah alkah ini kepada Pelaksana tugas Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) yang belum lama ini mengunjungi Kecamatan Paminggir dalam rangka silaturrahim.

Plt Bupati HSU Muhammad Hawari mengintruksikan Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) untuk menindaklanjuti aspirasi pengembangan tanah pemakaman untuk dianggarkan pada APBD 2017.

Selain mengusulkan pengembangkan alkah pemakaman, Masyarakat Kecamatan Paminggir juga mengusulkan perbaikan jalan dan pembuatan jembatan untuk mempermudah mobilitas warga yang sangat mengandalkan sarana infrastruktur.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Eddy Abdillah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016