Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Wakil Ketua Komisi I bidang hukum dan pemerintahan DPRD Provinsi Kalimantan Selatan H Husni Nurin meminta jajaran Perum Kantor Berita Indonesia Antara agar menjaga tema ulang tahunnya ke-79 pada 13 Desember 2016.

"Yang dimaksud dengan menjaga tersebut, yaitu berupaya maksimal melaksanakan makna dari tema Hari Ulang Tahun (HUT) Antara ke-79 itu, bukan cuma sekedar slogan atau retorika semata," ujarnya di Banjarmasin, Selasa.

Selain mengatakan Dirgahayu Perum Kantor Berita Indonesia Antara yang berusia 79 tahun, mantan anggota DPR RI dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) asal daerah pemilihan Kalimantan Selatan (Kalsel) itu juga mengapresiasi awak kantor berita tersebut.

Karena, tutur ustadz dari PKB itu, walau dirinya cuma sekilas mengenal Antara yang dulu bernama Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN), tetapi visi dan misi atau kiprah perjuangan kantor berita yang lahir 13 Desember 1937 atau 79 tahun lalu itu, tidak diragukan lagi.

Sebagai contoh saat Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945, LKBN Antara yang pertama kali menyebarkan teks proklamasi tersebut ke seluruh dunia, ujarnya menjawab Antara Kalsel.

Apalagi, lanjut Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalsel yang juga membidangi media massa, serta keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) itu, Kantor Berita Antara turut berupaya mempertahankan dan menegakkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Hal lain yang tidak kalah pentingnya, selain berusaha menjadi `filter` (penyaring) berita-berita dari luar negeri, Antara juga bisa berfungsi sebagai juru bicara negerinya," ujar wakil rakyat Kalsel - pengasuh salah pesantren di "kota seribu sungai" Banjarmasin itu.

Khusus di Kalsel, menurut dia, cukup banyak pemberitaan yang terangkat, baik secara nasional maupun hingga kemancanegara dan dapat mendatangkan nilai tambah bagai daerah dan masyarakat di provinsi yang terdiri atas 13 kabupaten/kota ini.

"Sebab ada pula berita daerah Kalsel, bahkan yang diangkat dari sebuah pedesaan diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris dalam rangka pertukaran berita/kerja sama dengan beberapa kantor berita asing (luar negeri)," demikian Husni Nurin.

Pendapat serupa dengan Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalsel itu dari anggotanya Hasan Mahlan asal Partai Golkar, seraya menambahkan, seseorang menjadi terkenal atau mendapat promosi melalui pemberitaan Antara.

Oleh sebab itu, dia berharap, ke depan Antara agar tetap menjaga kepercayaan masyarakat, seperti halnya dalam pemberitaan supaya memelihara keakuratan, serta tercepat, sehingga publik bisa segera mengetahui..

Tema HUT ke-79 Antara yaitu "Menuju Antara Baru, Bersama, Berkarya, Mencerdaskan Bangsa" sementara Biro Antara Kalsel membuat slogan-slogan antara lain "tercepat" - "terpercaya" dan Antara NKRI.

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016