Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan menargetkan pada tahun 2024 ini menjadi kabupaten terendah tingkat pengangguran khususnya di wilayah Kalimantan Selatan.

"Target kami 2024 ini Kabupaten Balangan menjadi kabupaten terendah tingkat pengangguran khususnya di Kalimantan Selatan," kata Kepala Bidang Pembinaan Pelatihan Kerja Produktivitas dan Hubungan Industrial Dinas Koperasi UMKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Balangan Slametno di Balangan, Ahad.

Slametno menuturkan pada tahun 2023 Kabupaten Balangan berhasil meraih peringkat dua pengangguran terendah tingkat Provinsi Kalimantan Selatan, yang mana sebelumnya di tahun 2022 Kabupaten Balangan berada diposisi ke lima.

Dia juga menjelaskan dari data pengangguran terbuka pada Agustus tahun 2022 di Kabupaten Balangan ada sekitar 3,98 persen dan menurun pada Agustus tahun 2023 menjadi 2,70 persen. Jadi berdasarkan data perubahan antara Agustus tahun 2022 sampai 2023 ada -1,28 persen.

Untuk mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Balangan, lanjut Slametno, Dinas Koperasi UMKM dan Tenaga kerja Kabupaten Balangan menyelenggarakan berbagai pelatihan kerja sesuai dengan hasil analisis kebutuhan industri dunia usaha dan dunia kerja.

"Pelatihan tersebut bertujuan agar lulusan dari pelatihan kerja banyak yang terserap di industri baik itu dunia usaha ataupun dunia kerja," ujarnya.

Slametno menambahkan, baru-baru ini Pemkab Balangan telah menggelar berbagai pelatihan mulai dari pelatihan alat berat hingga ilmu komputer kepada masyarakat Kabupaten Balangan.

“Kita bekerja sama dengan lembaga pelatihan di Balangan menggelar pelatihan alat berat yaitu Dumptruck, Buldozer, Ekskavator dan Greder serta juga mobil sarana roda empat,” terangnya. 
 

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024