Tuan Guru Haji (TGH) Zainuddin Rais menyatakan, takut kepada Allah SWT menghilangkan sifat dendam dan iri dengki, dalam tausiyahnya di Masjid Assa'adah Komplek Beruntung Jaya Banjarmasin, Sabtu pagi.

 

"Bukan cuma hilangkan 'dandam' (dendam) dan 'hiri dangki' (iri dengki), tetapi orang takut kepada Allah juga menghilangkan sifat serta perbuatan buruk lainnya, ujar Tuan Guru yang mengisi pengajian rutin tiap pagi atau sesudah Shalat Subuh Sabtu (jika tidak berhalangan).

 

Dengan dasar kajian Kitab "Ihyaulumuddin" karya Imam Ghazali Jilid IV,.Tuan Guru Zainuddin mengatakan, orang yang paling takut kepada Allah adalah orang yang betul-betul mengenal Allah.

 

Menurut dia, orang yang paling takut kepada Allah dan betul-betul mengenal Nya yaitu Rasulullah Muhammad Saw.

 

"Orang yang betul-betul mengenal Allah, merasa dirinya rendah dan hina atau tidak apa-apa. Sedangkan Allah Maha Besar lagi Maha Berkuasa," kara Tuan Guru Zainuddin.

 

Ia menambahkan, sebagaimana Firman Allah SWT dalam Al Qur'an, bahwa orang takut kepada Nya adalah orang yang berilmu.

 

"Takut luar biasa kepada Allah bisa, k, membuat kematian, karena mungkin di antara urgan tubuhnya yang cukup vital tidak berfungsi, misalnya empedu pecah," lanjut Tuan Guru Zainuddin 

Tuan Guru Haji Zainuddin Rais saat tausiyah di Masjid Assa'adah Komplek Beruntung Jaya Banjarmasin, Sabtu (29/6/2024) pagi (ANTARA/Syamsuddin Hasan)
 

Kajian Kitab Ihyaulumuddin kali ini masih lanjutan lalu yaitu mengungkap keutamaan takut kepada Allah bagaikan ibara sakitnya hati dengan munculnya sesuatu yang tidak menjadi kesenangan.

 

"Untuk mengobati takut kepada Allah  antara lain dengan cara selalu ingat pada Nya, tidak memikirkan lagi yang lain-lain," demikian Tuan Guru Haji Zainuddin Rais.


 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024