Anggota DPRD Kotabaru Kalimantan Selatan Awaludin mengapresiasi Della Selvafia Azahra siswi Sekolah Menegah Atas Negeri (SMAN) 1 Pulua Sebuku lolos sebagai anggota Paskibraka tingkat nasional mewakili Kotabaru.

"Alhamdulillah orang Kotabaru lolos sebagai perwakilan Kotabaru tingkat Nasional untuk Provinsi Kalimantan Selatan," kata Awaludin di Kotabaru, Jumat.

Menurut wakil rakyat dari Fraksi PArtai Amanat Nasional (PAN),pengrekrutan atau penjaringan menjadi Paskibraka apalagi tinggal nasional sangat selektif.

"Sebagai orang Kotabaru turut bangga, anak Kotabaru berhasil lolos seleksi Paskibraka tingkat nasional," ujarnya.

Ia juga menyampaikan,selama 10 tahun lebih anak dari perwakilan Kotabaru tidak berhasil mewakili sampai ke tingkat nasional.

"Dan, alhamdulillah tahun ini, tahun 2024, anak Kotabaru dari Pulau Sebuku bisa mewakili Paskibra tingkat nasional," ucapnya.

Ia berharap, kedepannya ada lagi regenerasi yang mampu menyamai dan dan dapat mengikuti menjadi paskibraka di tingkat nasional lagi.

Kepala Kesatuan Suku Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kotabaru Melinda Ratna Agustina mengatakan, hal ini merupakan suatu prestasi yang ditunggu Kabupaten Kotabaru.

“Alhamdulillah, akhirnya dari Kabupaten Kotabaru setelah sekian lama selama 12 tahun menanti, ada yang lolos dimana pelajar ini adalah siswi SMA Negeri 1 Kecamatan Pulau Sebuku yang memiliki prestasi luar biasa,” kata Melinda.

Menurutnya, ini tidak lepas dari dukungan Pemerintah Kabupaten Kotabaru, khususnya Bupati dan Wakil Bupati Kotabaru, Sekretaris Daerah Kotabaru, serta semua Jajaran SKPD yang terlibat dalam proses awal sampai sekarang lolos ke tingkat Nasional.

Selain itu, Bakesbangpol Kotabaru juga terus mengawal seleksi, baik di tingkat Kecamatan maupun Kabupaten dengan ketat, melalui persyaratan setingkat kriteria Paskibraka Nasional.

“Badan Kesbangpol Kotabaru selalu mengawal penyelenggaraan proses seleksi calon Paskibraka se transparan mungkin dan memasang kriteria persyaratan dengan ketat, agar membuka peluang lebih luas bagi perwakilan Kotabaru untuk dapat lolos di tingkat pusat sejak tahapan proses seleksi di tingkat Kabupaten,” katanya.

Melinda Ratna Agustina juga menghimbau kepada seluruh SLTA sederajat dengan menggandeng Dinas Pendidikan, agar setiap sekolah saat melakukan proses penjaringan ekstrakurikuler Paskibraka memasang kriteria yang sama.

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024