BPTD Kelas II Kalimantan Selatan (Kalsel) terus melakukan langkah-langkah komprehensif dalam meningkatkan pengawasan terhadap operasional angkutan pariwisata dengan melakukan kegiatan pemeriksaan atau rampcheck di lokasi objek wisata di Provinsi Kalimantan Selatan.

Pada keterangan tertulis BPTD Kelas II Kalsel, yang di terima di Banjarmasin, Kamis, disampaikan kegiatan rampcheck antara lain dilaksanakan di Pantai Tangkisung dan Pantai Batakan,Kabupaten Tanah Laut, pada 14 hingga 15 Juni 2024 yang lalu.

Kepala Seksi Lalu Lintas Jalan Sungai Danau Penyeberangan dan Pengawasan BPTD Kelas II Kalsel, Ir Marvian Dwi Surya Putra, menyampaikan, kegiatan tersebut bertujuan untuk melakukan pengecekan kelaikan teknis dan administrasi kendaraan untuk menjamin keselamatan dari setiap kendaraan.

Kelengkapan administrasi tersebut berupa surat wajib kendaraan yang harus dimiliki serta dibawa oleh angkutan pariwisata berupa kartu Uji KIR, Kartu Pengawasan, STNK, dan lain sebagainya.

Pengecekan kelaikan teknis kendaraan dilakukan oleh penguji kendaraan bermotor dalam mengecek komponen teknis utama dan teknis penunjang dalam menentukan kelaikan teknis kendaraan pada angkutan pariwisata.

Adapun yang yang diuji yakni penerangan lampu kendaraan, kondisi badan kendaraan, Wiper, Ban, dan perlengkapan keselamatan seperti alat pemecah kaca, kotak P3K sabuk keselamatan  dan kesesuaian kapasitas tempat duduk.

Dari hasil pemantauan dan pemeriksaan tersebut, sebanyak 14 Bus dinyatakan lengkap persyaratan dan laik jalan sedangkan empat bus belum lengkap persyaratan.

Lebih lanjut, Marvian menerangkan, jenis pelanggaran yang banyak ditemukan antara lain Kartu Pengawasan (KP) tidak berlaku & KP tidak ada, masa berlaku Uji Berkala sudah habis, adapun sanksi yang dilakukan tim di lapangan smemberikan teguran dan peringatan, serta memberikan arahan terkait keselamatan angkutan pariwisata.

Kegiatan monitoring dan pengawasan terhadap angkutan bus pariwisata diselenggarakan oleh kementerian Perhubungan serentak seluruh wilayah kerja Direktorat Jenderal perhubungan Darat salah satunya di BPTD Kelas II Kalsel mengadakan Pengawasan / rampcheck angkutan pariwisata guna meningkatkan keselamatan dan kenyamanan bagi pengguna angkutan pariwisata.

Selain melakukan pengawasan secara langsung di lapangan, pihaknya juga memberikan edukasi kepada pengemudi maupun perusahaan otobus tentang pemahaman pentingnya aspek keselamatan saat berkendara.
 

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024