Kumandang takbir dan tahmid yang bersahutan sejak Ahad (16/6) sore mengiringi tibanya Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijah 1445 Hijriyah menjadi puncak bagi petugas atau punggawa PLN menjalankan tugas menjaga keandalan pasokan listrik kepada seluruh pelanggan.
 
Salah satu punggawa itu, Manager Unit Layanan Pelanggan (ULP) Lambung Mangkurat Banjarmasin Adriansyah Ekosaputro (34) yang bersama petugas lainnya sudah melakukan persiapan paripurna untuk menjaga keandalan pasokan listrik jelang maupun bertepatan Idul Adha dengan hasil maksimal listrik "tanpa kedip" atau terus menyala.
 
Pria yang akrab dipanggil Adri dan berasal dari Bima, Nusa Tenggara Barat itu melalui keterangan tertulis Humas PT PLN Unit Induk Distribusi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah di Kota Banjarbaru, Selasa mengatakan, sejak delapan tahun yang lalu bertugas di wilayah kerja PLN UID Kalselteng, dan menjaga keandalan pasokan listrik yang rutin dilakukan PLN.
 
Petugas PLN tengah melakukan pengecekan kesiapan instalasi listrik di Masjid Sabilal Muhtadin sebelum shalat Idul Adha demi memastikan kesiapan instalasi listrik di lokasi sebagai "preventif action" agar tidak terjadi gangguan kelistrikan saat pelaksanaan shalat. (ANTARA/HO-PLN UID Kalselteng)

 
"Menjaga keandalan listrik untuk masyarakat utamanya saat hari raya memberi pengalaman yang sangat menyenangkan bahkan membuat hati saya haru, bahagia melihat masyarakat bisa beraktivitas dengan nyaman karena listrik terus nyala," ujar Adri yang berjaga di Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin pada Senin (17/6/2024).
 
Ia juga merasakan haru ketika ingat dengan kampung halaman, sebab saat menjabat MULP sejak empat tahun yang lalu, Adri harus standby untuk menjaga keandalan pasokan listrik pada dua daerah bertetangga yakni Kalsel dan Kalteng.
 
"Jika mengingat kampung halaman, tentunya sangat ingin berhari raya bersama keluarga besar. Namun di Kalimantan sudah seperti keluarga kedua bagi saya, sehingga dapat meredakan rasa rindu. Lagi pula saat melihat senyum pelanggan yang puas dengan pasokan listrik, semua itu menjadi penyemangat dan berkah bagi kami semua," ucap Adri.
 
Menurut Adri, menjelang Hari Raya Idul Adha 2024, dirinya bersama dengan seluruh tim ULP Lambung Mangkurat Banjarmasin melakukan persiapan sejak sepekan sebelum hari H untuk menghindari terjadinya gangguan terhadap pasokan listrik yang tidak terduga.
 
"Mendekati hari H, kami rutinkan Care for Asset yakni Patroli Jaringan yang menyuplai masjid-masjid maupun lokasi titik keramaian lain. Petugas di lapangan juga melakukan pengecekan kesiapan instalasi listrik di lokasi sebagai preventif action agar tidak terjadi gangguan kelistrikan saat hari raya," tuturnya.
 
Adri juga mengapresiasi seluruh personel ULP Lambung Mangkurat yang telah bekerja keras dan terus berupaya menjaga pasokan listrik menjelang hingga puncak perayaan Hari Raya Idul Adha 2024 yang sukses tanpa pemadaman.
 
"Saya sangat mengapresiasi kerja sama yang sangat solid seluruh tim, sehingga puncak Hari Raya Idul Adha, listrik bisa tersuplai dengan aman. Selain itu saya mengucapkan terima kasih kepada Manajemen PLN UID Kalselteng dan UP3 Banjarmasin atas segala support dan dukungan kepada punggawa PLN yang selalu siap menjaga keandalan listrik untuk masyarakat," kata Adri.
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024