Pemerintah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan menyosialisasikan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik.
 
Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar Mokhamad Hilman di Martapura, Kamis, mengatakan sosialisasi SKM merupakan salah satu upaya untuk mengetahui tingkat kepuasan terhadap pelayanan publik.

Baca juga: DPRD Batara Kalteng studi banding ke Pemkab Banjar terkait kenaikan PAD
 
"Melalui sosialisasi SKM diketahui sejauh mana tingkat kepuasan yang dirasakan masyarakat atas layanan publik yang diberikan Pemkab Banjar melalui dinas dan instansi," ujar Hilman.
 
Menurut Hilman, Pemkab Banjar melalui dinas dan instansi sebagai penyelenggara pelayanan publik harus memahami dan mendengar langsung masukan dan umpan balik dari masyarakat.
 
"Survei kepuasan masyarakat adalah alat yang efektif mengukur sejauh mana keberhasilan dalam memenuhi kebutuhan dan harapan masyarakat yang tentunya memerlukan layanan sesuai keperluan mereka," ucapnya.
 
Ditekankan Hilman, melalui survei dan partisipasi aktif masyarakat bisa diketahui pelayanan yang sudah baik dan perlu dipertahankan, kemudian pelayanan yang perlu perbaikan dan inovasi agar semakin baik.
 
"Saya yakin melalui kerja sama dan dedikasi semua pihak maka kualitas pelayanan publik di Kabupaten Banjar akan terus meningkat demi kepuasan dan juga kesejahteraan masyarakat," tuturnya.

Baca juga: Pemkab Banjar siapkan rancangan awal RKPD 2025
 
Ditambahkan Hilman, integritas dan transparansi merupakan dua nilai utama yang harus dipertahankan sebagai penyelenggara pelayanan publik karena melalui keduanya bisa diketahui kualitas SDM.
 
Disamping itu, keterbukaan terhadap pelaksanaan tugas dan pengelolaan sumber daya publik menciptakan iklim yang kondusif bagi partisipasi masyarakat dalam mengawasi dan mengevaluasi kinerja pemerintah.
 
"Oleh karena itu, kami mengajak bersama-sama berkomitmen untuk menjalankan tugas penuh integritas dan transparansi. Jadikan nilai-nilai sebagai pedoman setiap langkah melayani masyarakat," pesannya.
 
Sosialisasi diikuti seluruh perwakilan SKPD menghadirkan narasumber dari Ombudsman RI Perwakilan Kalsel yang menyampaikan materi SKM sebagai Penguatan Kapasitas Penyelenggara Pelayanan Publik.
 
Sementara terkait Potret Kabupaten Banjar tentang Indeks Kepuasan Masyarakat disampaikan Asisten Administrasi Umum Rakhmat Dhany di hadapan peserta sosialisasi yang digelar Bagian Organisasi tersebut.
 
Baca juga: Pemkab Banjar dorong penegakan enam pilar tranformasi kesehatan

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024