Kader Posyando dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalimantan Selatan (Kalsel) meraih tiga penghargaan tingkat provisi dalam Jambore Kader Posyandu tingkat Provinsi Kalsel tahun 2024, di salah satu hotel di Banjarmasin.

Tiga penghargaan yang berhasil diraih, antara lain juara 1 pengisian buku KMS atau buku KIA, juara 2 pengukuran dan pertumbuhan, dan juara 1 penampilan kontingen.

Pembukaan Jambore yang digelar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel melalui Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel, ini turut dihadiri Penjabat (Pj) Ketua TP PKK HSS Rusnawati Hermansyah bersama jajaran pengurus TP PKK HSS.

Baca juga: Penjabat Bupati HSS tekankan TP PKK kembang program daerah

"Saya sangat mengapresiasi kinerja para kader posyandu, yang turut andil dalam berbagai upaya pembangunan bidang kesehatan di banua," kata Gubernur Kalsel Sahbirin Noor yang akrab disapa Paman Birin, mengutip pers release Diskominfo HSS, Kamis.

Dijelaskan dia, diantaranya para kader berkontribusi besar dalam membantu menurunkan angka stunting, dan menjadikan Provinsi Kalsel bebas desa miskin.

Begitupun, keberadaan posyandu ini sangat penting dalam mendukung penyelenggaraan pembangunan kesehatan, dalam memberdayakan masyarakat dan kemudahan dalam memperoleh pelayanan kesehatan.

Dalam rangkaian pembukaan juga di launching Gerakan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting oleh Gubernur Kalsel didampingi Ketua TP PKK Kalsel sekaligus Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel Raudatul Jannah atau Acil Odah yang diikuti kader posyandu 13 Kab/Kota secara during maupun luring.

Baca juga: "Acil Odah" resmikan Kampung Anggrek saat Hari Keanekaragaman hayati

Jambore Kader Posyandu diisi dengan berbagai lomba, mulai dari lomba penyuluhan kesehatan, mengisi Kartu Menuju Sehat (KMS) dan KIA, cerdas cermat, menyusun dan menyajikan PMT Posyandu, penampilan kontingen, dan pengukuran serta pertumbuhan.

Adapun para peserta terdiri dari perwakilan kader posyandu sebanyak 130 orang yang difasilitasi dinas kesehatan dari 13 kabupaten atau kota se-Kalsel.

Jumlah peserta ditambah dengan peserta partisipatif dan pendamping sebanyak 341 orang, dengan total peserta jambore kader posyandu tahun 2024 sebanyak 471 orang.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024