Balangan, (Antaranews Kalsel) - Komando Distrik Militer (Kodim) 1001/Amuntai-Balangan, bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Balangan,  serta elemen masyarakat dan perusahaan, melaksanakan acara Nusantara Bersatu.

Bertempat di Halaman Kantor Bupati Balangan, Rabu (30/11) dengan tema Indonesia milikku, Indonesia milikmu, Indonesia milik kita bersama, dan dikemas dengan berbagai pertunjukan seni dan memamerkan alutsista milik TNI Kodim 1001.

Bupati Balangan H Ansharuddin menyampaikan empat pilar penting yang harus selalu dijaga agar keamanan, kedamaian, ketentraman bangsa Indonesia selalu terjaga.

Disebutkan empat pilar tersebut, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Jika satu pilar saja tidak kokoh, maka bangsa Indonesia akan hancur," ujarnya.

Selain itu lanjut Ansharuddin, pentingnya untuk saling menghormati, toleransi, dan menjaga keamanan, kedamaian, kestabilan negara dalam keberagaman dan kemajemukan Suku, Antar Golongan, Ras dan Agama/aliran kepercayaan (SARA).

"Mari kita bersatu dalam keberagaman yang dimiliki oleh kita," sampainya.

Dandim 1001/Amt-Balangan, Letkol Kav Aria Sagita Saleh menegaskan, Kebhinekaan itu merupakan hal yang mutlak yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia, karena bangsa kita berjuang dalam kebhinekaan tersebut hingga merdeka.

"Keberagaman suku dan agama itu merupakan aset yang menjadi modal utama kita agar tidak bisa dipecah belah dan diadu domba dari sisi manapun," jelasnya.

Jika bisa menjaga kedamaian, toleransi, saling menghargai antar sesama Suku, Antar Golongan, Ras dan Agama/aliran kepercayaan, kita akan menjadi bangsa yang kuat. 

Acara yang dihadiri oleh Polri, ASN, para tokoh-tokoh agama, suku, adat, masyarakat, serta berbagai elemen perusahaan tersebut berlangsung meriah dan semarak, bahkan menurut para pelajar yang berhadir serasa berada dalam semangat persatuan dan perjuangan.


Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016